PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERITA FIKSI PADA SISWA KELAS IV SDN SUKASARI

Tia Maryani, - (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERITA FIKSI PADA SISWA KELAS IV SDN SUKASARI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (164kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (181kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (166kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTKA.pdf

Download (249kB)

Abstract

Rendahnya keterampilan menulis cerita fiksi yang mencapai 54% di SDN Sukasari menjadi latar belakang penelitian ini. Model pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang variatif, sehingga membuat siswa kesulitan dalam mengembangkan ide dan gagasannya dalam menulis cerita fiksi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap keterampilan menulis cerita fiksi. Dalam penelitian ini metode yang digunakan yaitu eksperimen, dengan quasi experimental desain. Populasi yang digunakan yaitu seluruh siswa kelas IV SDN Sukasari, sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh populasi penelitian (total sampling) yaitu kelas IV SDN Sukasari sebanyak 37 siswa. Untuk teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara, dokumentasi, dan tes. Tes yang digunakan adalah pretest dan posttest, serta data dianalisis menggunakan SPSS 16. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil pretest dan posttest, hal ini dibuktikan dengan diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000. Sesuai dengan kaidah pengambilan keputusan, 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya, model pembelajaran picture and picture berpengaruh terhadap keterampilan menulis cerita fiksi pada siswa kelas IV SDN Sukasari. Selain itu, nilai rata-rata pada pretest dan posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol pun terjadi berbedaan yang cukup signifikan setelah dilakukan perlakuan. Pada nilai rata-rata pretest kelas eksperimen yaitu 46,16 dan kelas kontrol yaitu 48,61. Sedangkan pada nilai rata-rata posttest kelas eksperimen yaitu 82,21 dan kelas kontrol yaitu 75,89. Terlihat ada perbedaan hasil antara kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diberikan perlakuan. Dengan demikian adanya pengaruh positif antara kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran picture and picture dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran picture and picture terhadap keterampilan menulis cerita fiksi pada siswa kelas IV SDN Sukasari.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorYopa Taufik Saleh, -NIDN0423068704
Thesis advisorRahmat Permana, -NIDN0429018902
Additional Information: HARDCOPY- (SKP.PGSD.0059)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Keterampilan Menulis, Cerita Fiksi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 24 Nov 2021 08:25
Last Modified: 07 Dec 2023 03:04
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/604

Actions (login required)

View Item View Item