PENGARUH REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) BERBANTUAN JAM BILANGAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATERI OPERASI PENJUMLAHAN DI KELAS 1 SDN BATULAWANG - (SKP.PGSD.0047)

Nurhanifa, Nida (2020) PENGARUH REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) BERBANTUAN JAM BILANGAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATERI OPERASI PENJUMLAHAN DI KELAS 1 SDN BATULAWANG - (SKP.PGSD.0047). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (571kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (578kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (665kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (645kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan Realistic Mathematic Education (RME) berbantuan jam bilangan terhadap prestasi belajar pada materi operasi penjumlahan di kelas I SDN Batulawang. Penelitian ini dilakukan karena dalam pembelajaran matematika terdapat beberapa kendala yang mempengaruhi belajar siswa yaitu rendahnya prestasi siswa, motivasi siswa yang kurang dan siswa masih menganggap bahwa pelajaran matematika itu sulit dan susah untuk dipelajari. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif menggunakan metode quasi eksperimen atau eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Control Grup Design. Penelitian ini dilakukan di SDN Batulawang dengan jumlah populasi 30 orang dan menggunakan sempel sistematis yang membagi siswa dalam dua kelas menggunakan nomor urut absen ganjil genap, sehingga didapatkan kelas kontrol 15 orang dan kelas eksperimen 15 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes pretest dan posttest. Data dianalisis menggunakan SPSS 23. Berdasarkan hasil data yang telah dianalisis memperoleh sig 0,002 < 0,05 berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Nilai rata-rata posttest kelas ekperimen > kelas kontrol (67,13 > 57,33). Dapat disimpulkan bahwa Realistic Mathematic Education (RME) berbantuan jam bilangan memiliki pengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa pada materi operasi penjumlahan di SDN Batulawang.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorHendrawan, BudiNIDN0421068603
Thesis advisorPratiwi, Anggia SuciNIDN0023018703
Uncontrolled Keywords: Realistic Mathematic Education (RME), jam bilangan, prestasi belajar.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 29 Jun 2021 07:38
Last Modified: 29 Oct 2022 08:00
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/341

Actions (login required)

View Item View Item