PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI POHON TANGGA GANTUNG BERBANTUAN ADOBE ANIMATE CC PADA MATERI HUBUNGAN ANTAR SATUAN PANJANG KELAS IV DI SDN 2 CINTARAJA - (SKP.PGSD.0037)

Fatwa Fidia Nabilah, - (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI POHON TANGGA GANTUNG BERBANTUAN ADOBE ANIMATE CC PADA MATERI HUBUNGAN ANTAR SATUAN PANJANG KELAS IV DI SDN 2 CINTARAJA - (SKP.PGSD.0037). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (24kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (553kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (703kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (574kB)

Abstract

Dalam menciptakan proses pembelajaran yang berkualitas pada mata pelajaran Matematika diperlukan inovasi pengembangan media pembelajaran khususnya untuk materi hubungan antar satuan panjang. Dengan dasar inilah dibuat media pembelajaran animasi pohon tangga gantung berbantuan adobe animate cc. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menguji efektivitas dari media pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah R&D (Research and Development). Model penelitian yang digunakan adalah model pengembangan adaptasi dari Sugiyono. Uji coba produk dalam penelitian ini terdapat 3 tahap yaitu uji coba satu-satu yang dilakukan kepada 3 orang siswa, uji coba kelompok kecil yang dilakukan kepada 10 orang siswa dan uji coba kelompok besar yang dilakukan kepada 21 orang siswa, setelah itu dilanjutkan dengan analisis data dan revisi produk. Instrument pengumpulan data yaitu dengan cara mengumpulkan berbagai informasi dari analisis kurikulum, analisis materi dan analisis media sejenis. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini yaitu menggunakan angket yang berupa angket validasi ahli materi, ahli media, guru, dan respon siswa. Selain itu juga menggunakan tes tertulis berupa soal pretest dan posttest. Hasil nilai pretest dan nilai posttest dihitung dengan menggunakan teknik analisis Paired Sampel T-Test diperoleh hasil t hitung > t tabel atau 19,733 > 2,079 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat perbedaan signifikan antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan menggunakan media pembelajaran pohon tangga gantung berbantuan adobe animate cc pada materi hubungan antar satuan panjang di SDN 2 Cintaraja. Dari hasil rata rata nilai posttest siswa yaitu 84,04 dan sudah berada di atas nilai Kriteria Kelulusan Minimal (KKM) pada mata pelajaran Matematika yaitu sebesar 75,00. Berdasarkan hasil rata-rata, maka yaitu nilai posttest 84,04 lebih besar dari pada nilai pretest 51,66, maka media pembelajaran pohon tangga gantung berbantuan adobe animate cc dapat dikatakan layak dan efektif untuk digunakan pada pelajaran Matematika materi hubungan antar satuan panjang.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorBudi Hendrawan, -NIDN0421068603
Thesis advisorMohammad Fahmi Nugraha, -NIDN0017039001
Uncontrolled Keywords: R&D (Research and Development), Adobe Animate CC, Hubungan Antar Satuan Panjang.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 29 Jun 2021 01:49
Last Modified: 30 May 2023 06:49
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/332

Actions (login required)

View Item View Item