PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATERI TRIGONOMETRI UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA NEGERI 1 CIPATUJAH - (SKP. PTI 0008)

Nita Yunitasari, - (2020) PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATERI TRIGONOMETRI UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA NEGERI 1 CIPATUJAH - (SKP. PTI 0008). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (430kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (501kB)
[img] Text
7. BAB V.pdf

Download (435kB)
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (526kB)

Abstract

Perancangan merupakan gambaran, perencanaan, atau sketsa yang memiliki tujuan mendesain dalam bentuk bagan alir (flowchart) dari satuan terpisah menjadi bentuk bagan yang menunjukan sebagai urutan-urutan proses. Setelah perancangan tersebut terpenuhi maka dijadikan sebuah produk berupa media pembelajaran berbasis android yang akan dijadikan sebagai media pembelajaran bagi peserta didik disekolah. Media pembelajaran berbasis android ini dirancang melalui enam tahapan yaitu tahapan system/information engineering, software requirement analysis, design, coding implamantation, testing, dan maintance. Media pembelajaran berbasis android ini di gunakan untuk proses pembelajaran mengenai materi sudut pengukuran dan identitas trigonometri. Perancangan media pembelajaran berbasis android dibuat dengan menggunakan Microsoft PowerPoint yang sudah terpasang iSpring Suite versi 9.7.2 dan Website 2 Apk Builder yang berfungsi untuk mengubah file *.pptx menjadi file *.apk untuk bisa di unduh di smartphone. Pembuatan materi menggunakan Microsoft PowerPoint dan membuat soal dengan menggunakan iSpring Suite versi 9.7.2 yang dijadikan sebagai uji kompetensi untuk peserta didik setelah mempelajari materi. Hasil pengujian menggunakan metode black box, setiap aspek memiliki hasil yang dapat disimpulkan berhasil dan layak untuk diujicobakan ke peserta didik. Hasil uji kelayakan berupa kuesioner dari ahli media memperoleh angka sebesar 39 dengan klasifikasi baik, hasil uji kelayakan dari ahli materi memperoleh angka sebasar 47 denga klasifikasi sangat baik, dan hasil dari respon peserta didik memperoleh angka sebesar 39,63 dengan klasifikasi baik. Hasil tersebut dapat disimpulkan layak untuk diujicobakan ke peserta didik jika angka yang diperoleh termasuk kedalam klasifikasi baik. Dengan demikian media pembelajaran berbasis android pada materi trigonometri ini layak untuk digunakan untuk proses pembelajaran.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorSulidar Fitri, -NIDN0507048801
Thesis advisorMuhammad Taufiq, -NIDN0029086206
Uncontrolled Keywords: Perancangan, Android, Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Teknik Informasi
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 24 Mar 2021 02:43
Last Modified: 17 May 2023 01:51
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/241

Actions (login required)

View Item View Item