PENGARUH MEDIA MONOPOLI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI SEJARAH KERAJAAN NUSANTARA DI SDN 3 PICUNGREMUK - (SKP.PGSD 0017)

Rita Ratnawati, - (2019) PENGARUH MEDIA MONOPOLI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI SEJARAH KERAJAAN NUSANTARA DI SDN 3 PICUNGREMUK - (SKP.PGSD 0017). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
ABSTRAK RITA.pdf

Download (495kB)
[img] Text
BAB 1 RITA.pdf

Download (595kB)
[img] Text
BAB 5 RITA.pdf

Download (493kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA RITA.pdf

Download (492kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS khususnya materi sejarah kerajaan nusantara. Peneliti menerapkan media permainan monopoli untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar media monopoli berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas IV A dan kelas IV B pada mata pelajaran IPS di SDN 3 Picungremuk Kecamatan Gunung Gede Kota Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan jenis non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A SDN 3 Picungremuk sebagai kelas kontrol, dan siswa kelas IV B SDN 3 Picungremuk sebagai kelas eksperimen dengan julmah masing-masing kelas 16 orang. Intrumen yang digunakan adalah soal pilihan ganda. Data yang dikumpulkan berasal dari hasil tes awal (pretest) dan hasil tes akhir (posttest). Analisis data dilakukan dengan pendekatan kuantitatif menggunakan Microsoft Excel 2010 dan SPSS 16.0. Temuan penelitian menunjukan prestasi belajar siswa di kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol, dengan melihat perolehan rata-rata posttest di kelas eksperimen sebesar 80,44 dan di kelas kontrol sebasar 64,25. Temuan tersebut menunjukan bahwamedia monopoli berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa pada pembelajaran IPS. Hasil uji-t dikedua kelas dengan uji statistik Independent Sample T Test menunjukan hasil signifikansi 0,000 < 0,05. Artinya prestasi belajar siswa pada pembelajaran IPS yang menggunakan media monopoli lebih baik daripada pembelajaran yang tidak menggunakan media monopoli

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorYopa Taufik Saleh, -NIDN0423068704
Thesis advisorMeiliana Nurfitriani, -NIDN0405058903
Uncontrolled Keywords: Media monopoli, prestasi belajar siswa.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 23 Mar 2021 17:09
Last Modified: 23 May 2023 08:53
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/226

Actions (login required)

View Item View Item