PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBER HEAD TOGETHER) TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS PADA SUB TEMA LINGKUNGAN TEMPAT TINGGALKU DI KELAS IV SDN CINEAM - (SKP.PGSD 0005)

Fuzna Fauziyah, - (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBER HEAD TOGETHER) TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS PADA SUB TEMA LINGKUNGAN TEMPAT TINGGALKU DI KELAS IV SDN CINEAM - (SKP.PGSD 0005). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
ABSTRAK FUZNA.pdf

Download (908kB)
[img] Text
BAB I FUZNA.pdf

Download (703kB)
[img] Text
BAB V FUZNA.pdf

Download (495kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA FUZNA.pdf

Download (495kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan ada beberapa masalah pada mata pelajaran IPS yaitu guru hanya menggunakan model konvesional sehingga menyebabakan siswa kurang bermakna dalam mengikuti pembelajaran IPS. Oleh karena itu diperlukan model pembelajaran untuk mendukung jalan proses belajar mengajar dengan baik sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif dan bermakna. Dianatara pilihan yang sesuai dengan kondisi permasalahan saat ini adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Number Head Together). Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Number Head Together) terhadap prestasi belajar IPS pada subtema lingkungan tempat tinggalku di kelas IV SDN Cineam. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan bentuk Quasi Eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasinya adalah siswa kelas IV dengan jumlah 48 dengan teknik Total Sampling. Menentukan sampel dilakukan teknik random. Instrumen pengumpulan data dengan tes, wawancara tak terstruktur dan dokumentasi. Teknik analisis data uji normalitas mengunakan Kolmogrov-Smirnov, uji homogenitas mengunakan One-way-Anova, dan hipotesis mengunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Number Head Together) terhadap prestasi belajar IPS pada sub tema lingkungan tempat tinggalku hal ini terbukti dengan data nilai sig 0,003 < 0,05 yang artinya Ha diterima dengan adanya pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaraan kooperatif tipe NHT (Number Head Together) terhadap prestasi belajar IPS di kelas IV SDN Cineam. Kemudian adanya perbedaan hasil prestasi belajar IPS pada sub tema lingkungan tempat tinggalku di kelas IV SDN Cineam pada penggunaan model pembelajaraan kooperatif tipe NHT (Number Head Together) dibandingkan dengan penggunaan model pembelajaraan konvensional. Hal ini terbukti dengan adanya nilai rata-rata post-test eksperimen dengan nilai 85,42 yang artinya lebih signifikan dari nilai post-test kontrol dengan nilai 75,42.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorYopa Taufik Saleh, -NIDN0423068704
Thesis advisorSunanih, -NIDN2114087301
Uncontrolled Keywords: model NHT (Number Head Together), Prestasi belajar, IPS sub tema lingkungan tempat tinggalku.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 21 Mar 2021 20:30
Last Modified: 25 May 2023 02:51
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/215

Actions (login required)

View Item View Item