PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS V SDN KARANGGANTUNGAN

Epi Nurhayati, - (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS V SDN KARANGGANTUNGAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
Epi Nurhayati - COVER.pdf

Download (54kB)
[img] Text
Epi Nurhayati - ABSTRAK.pdf

Download (818kB)
[img] Text
Epi Nurhayati - BAB I.pdf

Download (863kB)
[img] Text
Epi Nurhayati - BAB V.pdf

Download (820kB)
[img] Text
Epi Nurhayati - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (842kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas V SDN Karanggantungan. Hal ini berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas V SDN Karanggantungan terdapat permasalahan mengenai pembelajaran matematika di kelas V yaitu pemahaman dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan materi bangun ruang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini One Group Pretest Posttest Design. Populasi penelitian ini berjumlah 17 orang siswa kelas V SDN Karanggantungan. Sampel yang digunakan yaitu teknik sampel jenuh karena pepulasinya kurang dari 30 orang. Pengumpulan data pada penelitian ini yaitu tes berupa nilai siswa menggunakan pretest dan posttest, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan aplikasi SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran project based learning berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan adanya perubahan pada nilai pretest dan posttest. Nilai rata-rata pretest yaitu 27,00 dan posttest dengan nilai rata-ratanya yaitu 83,59. Selanjutnya dilakukan uji normalitas menggunakan uji Shapiro Wilk pada program SPSS 25, nilai pretest yaitu 0,085 > 0,05 dan nilai posttest yaitu 0,070 > 0,05 sehingga data penelitian berdistribusi normal. Analisis dilanjutkan dengan melakukan uji homogenitas, didapat nilai Sig Based on Mean 0,956 > 0,05 sehingga varians data pretest dan posttest adalah homogen. Kemudian dilakukan uji t dengan uji Paired Sample Test pada program SPSS 25 dengan nilai Sig (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas V SDN Karanggantungan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorSunanih, -NIDN2114087301
Thesis advisorMohammad Fahmi Nugraha, -NIDN0017039001
Additional Information: Hardcopy: SKP.PGSD.0146
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Pemecahan Masalah, Siswa.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 14 Jun 2024 04:02
Last Modified: 14 Jun 2024 04:02
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/2113

Actions (login required)

View Item View Item