PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TULANG NAPIER TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATERI PERKALIAN KELAS III SEKOLAH DASAR MANGKUBUMI KOTA TASIKMALAYA 2018/2019 - (SKP.PGSD 0011)

Anisha Nurulhaq Rahmatiani, - (2019) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TULANG NAPIER TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATERI PERKALIAN KELAS III SEKOLAH DASAR MANGKUBUMI KOTA TASIKMALAYA 2018/2019 - (SKP.PGSD 0011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
ABSTRAK ANISHA.pdf

Download (584kB)
[img] Text
BAB I ANISHA.pdf

Download (718kB)
[img] Text
BAB V ANISHA.pdf

Download (666kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA ANISHA.pdf

Download (564kB)

Abstract

Pembelajaran di kelas sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Dalam proses pembelajaran banyak komponen yang mempengaruhi proses kegiatan belajar mengajar, salah satunya yaitu media pembelajaran. Sebagian guru masih ada yang belum menggunakan media saat pembelajaran berlangsung, salah satunya media tulang napier yang belum sama sekali digunakan saat materi perkalian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran tulang napier terhadap prestasi belajar siswa materi perkalian kelas III di sekolah dasar Mangkubumi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Mangkubumi dengan jumlah populasi kelas III tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 47 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Quasi Eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dengan soal uraian. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dengan menggunakan bantuan SPSS 23 dan Microsoft Excel 2007. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media tulang napier dalam pembelajaran operasi hitung perkalian telah berhasil meningkatkan prestasi siswa pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata pretest 42,7, nilai rata-rata posttest 88,2, dan rata-rata normal gain 0,80 efektif. Sedangkan untuk rata-rata kelas kontrol pada nilai pretest 23,5, nilai rata-rata posttest 65,2, dan rata-rata normal gain 0,53 dengan kategori kurang efektif. Berdasarkan uji t antara kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh hasil Sig. 2 tailed ≤ α yaitu 0,000 ≤ 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima artinya terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontro

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorSunanih, -NIDN2114087301
Thesis advisorAnggia Suci PratiwiNIDN0023018703
Uncontrolled Keywords: Tulang Napier, Prestasi Belajar Matematika, Perkalian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 21 Mar 2021 15:01
Last Modified: 23 May 2023 08:40
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/209

Actions (login required)

View Item View Item