UPAYA MENINGKATKAN MINAT BACA ANAK MELALUI PERMAINAN FLANEL HURUF DI KELOMPOK A TKA AS-SUNNAH -(SKP.PAUD 0002)

Lusi Laelasari, - (2020) UPAYA MENINGKATKAN MINAT BACA ANAK MELALUI PERMAINAN FLANEL HURUF DI KELOMPOK A TKA AS-SUNNAH -(SKP.PAUD 0002). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
Cover Lusi L.pdf

Download (187kB)
[img] Text
Abstrak lusi.pdf

Download (771kB)
[img] Text
BAB I LUSI.pdf

Download (736kB)
[img] Text
BAB V LUSI.pdf

Download (609kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Lusi.pdf

Download (618kB)
[img] Text
pengesahan.pdf

Download (182kB)

Abstract

Pembelajaran di TKA As-sunnah belum menggunakan media atau permainan yang bervariasi dalam kegiatan membaca, sehingga minat baca anak belum optimal. Untuk itu penelitian ini bertujuan meningkatkan minat baca anak melalui permainan flanel huruf di Kelompok A TKA As-sunnah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri dari siklus dengan tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Responden penelitian ini adalah anak Kelompok A yang berjumlah 7 anak. Penelitian dilaksanakan pada semester I tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuntitatif. Peningkatan minat baca dikatakan berhasil apabila semua anak kelompok A dapat menunjukan minat baca dengan kriteria baik mencapai 71,4%. Berdasarkan hasil penelitian minat baca anak Pra Tindakan belum semua anak mampu menunjukan minat baca yang optimal. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I dan II, berhasil menunjukan adanya peningkatan minat baca anak. Hal ini dapat dilihat dari pencapaian kriteria cukup baik 14,3% pada saat pra tindakan, pencapaian kriteria baik mencapai 42,8% pada saat siklus I, dan pencapaian kriteria baik mencapai 85,7% pada saat siklus II. Peningkatan ini diperoleh melalui permainan flanel huruf dengan aspek-aspek pembelajaran yaitu: (1) anak senang atau gemar pada buku, (2) anak mulai mengeja berbagai tulisan, (3) anak mulai bertanya arti dan maksud suatu gambar, (4) anak membaca hal-hal (tulisan) yang dilihatnya, (5) anak tertarik pada kegiatan membaca, (6) anak memperhatikan dengan kuat dan mendalam pada saat kegiatan membaca, dan (7) anak berinisiatif melaksanakan kegiatan membaca.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorRikha Surtika Dewi, -NIDN0011048404
Thesis advisorElfan Fanhas Fatwa Khomaeny, -NIDN0425098003
Uncontrolled Keywords: PTK, minat baca anak, permainan flanel huruf.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 18 Mar 2021 06:37
Last Modified: 24 May 2023 07:46
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/206

Actions (login required)

View Item View Item