UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG AWAL MELALUI MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI KELOMPOK A TK PGRI TUNAS HARAPAN - (SKP.PAUD 0004)

Ai Rusyani, - (2020) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG AWAL MELALUI MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI KELOMPOK A TK PGRI TUNAS HARAPAN - (SKP.PAUD 0004). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
Cover Ai Rusyani.pdf

Download (98kB)
[img] Text
ABSTRAK ISMI.pdf

Download (497kB)
[img] Text
BAB I Ai Rusyani.pdf

Download (605kB)
[img] Text
BAB V Ai Rusyani.pdf

Download (575kB)
[img] Text
daftar pustaka Ai Rusyani.pdf

Download (663kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (725kB)

Abstract

ABSTRAK Kondisi rendahnya kemampuan berhitung 1-10 pada anak kelompok A TK PGRI Tunas Harapan diakibatkan oleh faktor guru yang kurang mampu menerapkan pendekatan dalam metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung awal melalui media permainan ular tangga pada anak usia 4-5 tahun. penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, peneliti mengambil model penelitian dari kemmis dan MC taggart dimana dalam satu siklus terdapat empat komponen yaitu: planing ( perencanaan ), acting ( tindakan ), observing ( observasi ), dan Reflecting ( refleksi ) yang dilakukan dalam 2 siklus, Subyek penelitiannya adalah anak kelopok A TK PGRI Tunas Harapan sebanyak 17 anak. Instrumen pengumpulan data memakai observasi rating schall, Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Peningkatan kemampuan berhitung awal anak kelompok A dinyatakan berhasil di antaranya siswa dapat menguasai materi sebesar 70% sampai 80%. Hasil penelitiannya pada saat pra tindakan terdapat 82,35% (14 anak) yang kurang baik dan terdapat 17,64% (3 anak) yang cukup baik. Pada saat tindakan siklus I pertemuan ke 1 maka terdapat 52,94% (9 anak) yang kurang baik, terdapat 47,05% (8 anak) yang cukup. Pertemuan ke 2 sudah tidak terdapat anak yang kurang baik,terdapat 47,05% (8 anak) yang cukup, terdapat 29,41% (5 anak) yang baik,dan terdapat 17,64% (3 anak) yang di nyatakan baik sekali.Pada siklus II pertenuan ke 1 sudah tidak ada lagi anak yang kurang dan cukup baik, terdapat 58,82% (10 anak) yang baik,dan terdapat 41,17% (7 anak) yang dinyatakan baik sekali. Di pertemuan ke 2 terdapat 11,76% (2 anak) yang baik,dan terdapat 88,23% (15 anak) mendapat nilai baik sekali.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorRikha Surtika Dewi, -NIDN0011048404
Thesis advisorElfan Fanhas Fatwa Khomaeny, -NIDN0425098003
Uncontrolled Keywords: kemampuan berhitung awal, bermain ular tangga, anak usia 4-5 tahun
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 18 Mar 2021 02:50
Last Modified: 24 May 2023 07:35
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/200

Actions (login required)

View Item View Item