PROFIL GAYA BELAJAR PENDIDIKAN NONFORMAL PKBM KOTA TASIKMALAYA (PENELITIAN DESKRIPTIF PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C DI PKBM GEMA TASIKMALAYA)

Vina Indriyani, - (2023) PROFIL GAYA BELAJAR PENDIDIKAN NONFORMAL PKBM KOTA TASIKMALAYA (PENELITIAN DESKRIPTIF PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C DI PKBM GEMA TASIKMALAYA). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
Vina Indriyani - COVER.pdf

Download (205kB)
[img] Text
Vina Indriyani - ABSTRAK.pdf

Download (923kB)
[img] Text
Vina Indriyani - BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Vina Indriyani - BAB V.pdf

Download (925kB)
[img] Text
Vina Indriyani - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran gaya belajar pada Warga Belajar Pendidikan Kesetaraan Paket C PKBM Gema Kota Tasikmalaya berdasarkan jenis gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetiknya, perbedaan berdasarkan jenis kelamin, dan implikasinya pada layanan Bimbingan dan Konseling. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif untuk mengungkap gambaran gaya belajar pada warga belajar. Populasi dalam penelitian ini warga belajar Paket C PKBM Gema Kota Tasikmalaya. Sampel dalam penelitian ini adalah warga belajar yang berjumlah 89 warga belajar, yang diambil dengan sampling jenuh. Hasil penelitian ini secara umum gambaran gaya belajar pada warga belajar Paket C PKBM Gema pada gaya belajar visual mencapai skor 70,85% berada pada kategori baik, gaya belajar auditorial mencapai skor 69,52% berada pada kategori baik dan pada gaya belajar kinestetik mencapai skor 63,90% berada kategori baik. Berdasarkan perbedaan jenis kelamin tidak terdapat perbedaan dengan hasil pada gaya belajar visual yaitu sig. 0,590. Pada gaya belajar auditorial yaitu sig. 0,756. Dan pada gaya belajar kinestetik yaitu sig. 0,597. Yang berarti tidak ada perbedaan yang signifikan antara gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik pada warga belajar laki-laki dan perempuan. Keterbatasan dalam penelitian ini yaitu masih belum bisa mengujikan layanan bimbingan klasikal sebagai layanan preventif untuk mengoptimalkan gaya belajar pada warga belajar, perumusan dan rencana pelaksanaan layanan yang dilampirkan masih terbatas.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorFeida Noorlaila Isti'adah, -NIDN0431018901
Thesis advisorAgung Nugraha, -NIDN0026128602
Additional Information: Hardcopy: SKP.BK 0212
Uncontrolled Keywords: Gaya belajar, Belajar, Bimbingan dan Konseling
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Bimbingan Konseling
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 27 Feb 2024 06:28
Last Modified: 27 Feb 2024 06:28
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/1841

Actions (login required)

View Item View Item