PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENARA SATUAN PANJANG PADA MATERI SATUAN PANJANG DI SDN 1 BENDA

Indah Fitriyani, - (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENARA SATUAN PANJANG PADA MATERI SATUAN PANJANG DI SDN 1 BENDA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
Indah Fitriyani - COVER.pdf

Download (22kB)
[img] Text
Indah Fitriyani - ABSTRAK.pdf

Download (758kB)
[img] Text
Indah Fitriyani - BAB I.pdf

Download (895kB)
[img] Text
Indah Fitriyani - BAB V.pdf

Download (761kB)
[img] Text
Indah Fitriyani - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (755kB)

Abstract

Pembelajaran matematika di kelas III SDN 1 Benda terdapat beberapa hambatan dalam pembelajaran materi satuan panjang. Hambatan tersebut yaitu ketika guru mengajarkan satuan panjang siswa kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran, respon siswa kurang aktif, pembelajaran belum sesuai yang diharapkan dengan guru karena terkendala oleh dana yang tidak banyak disediakan oleh sekolah untuk mengadakan alat pendukung kegiatan mengajar, sehingga dapat menghambat dalam pemahaman pada materi satuan panjang. Hal ini dibuktikan dengan nilai hasil ulangan siswa pada materi atuan panjang, rata-rata keseluruhan siswa dari 20 siswa hanya mencapai 45,3. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk media pembelajaran menara satuan panjang pada materi satuan panjang di SDN 1 Benda. Penelitian pengembangan ini menggunakan tahapan-tahapan Research and Development ( R & D ) yang mengadaptasi model 4D. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan tes awal-tes akhir. Hasil penelitian ini menunjukan tiga langkah yaitu Define, Design, dan Develop. Berdasarkan penilaian produk oleh ahli materi memperoleh skor 4,7 pada kategori sangat baik. Penilaian produk oleh ahli media memperoleh skor 4,3 pada kategori sangat baik. Hasil penilaian produk oleh guru memperoleh skor 4,38 pada kategori sangat baik. Penilaian oleh 3 orang siswa pada uji coba terbatas memperoleh skor rata-rata 5 pada kategori sangat baik. Penilaian produk oleh 20 orang siswa pada uji coba lapangan memperoleh skor rata-rata 5 pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil pada tes awal sebelum menggunakan media pembelajaran menara satuan panjang mendapatkan skor rata-rata 49,7 dan mengalami kenaikan setelah pembelajaran satuan panjang menggunakan media pembelajaran menara satuan panjang pada tes akhir mendapatkan skor 94. Hasil dari penelitian ini sesuai dengan yang diharapkan siswa sudah mampu memahami satuan panjang , jadi pembelajaran menara satuan panjang efektif untuk digunakan dalam materi satuan panjang.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorMeiliana Nurfitriani, -NIDN0405058903
Thesis advisorSunanih, -NIDN2114087301
Additional Information: Hardcopy: SKP.PGSD.0125
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Media Pembelajaran Menara Satuan Panjang, Satuan Panjang.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 29 Jan 2024 08:57
Last Modified: 29 Jan 2024 08:57
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/1794

Actions (login required)

View Item View Item