PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN NASEBA (MENARA SEGI BANYAK) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SEGI BANYAK

Rysma Rismaya, - (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN NASEBA (MENARA SEGI BANYAK) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SEGI BANYAK. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
Rysma Rismaya - COVER.pdf

Download (189kB)
[img] Text
Rysma Rismaya - ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Rysma Rismaya - BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Rysma Rismaya - BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Rysma Rismaya - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

enelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan dan mengetahui keefektifan media pembelajaran Naseba (Menara Segi Banyak) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi segi banyak kelas 4 Sekolah Dasar yang dilatar belakangi dengan adanya siswa kurang antusias terhadap penjelasan yang diberikan dalam proses pembelajaran serta guru juga kurang berinovasi dalam membuat media pembelajaran yang menarik sehingga berdampak pada hasil belajar. Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah jenis pengembangan Research and Development dengan tipe 4D. Tempat penelitian di SDN Condong dengan subjek kelas 4 Sekolah Dasar. Pada pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, angket dan tes. Sedangkan untuk teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif dan analisis kuantitaif serta analisis hasil tes siswa berupa pretest dan posttest. Hasil penelitian ini, yaitu: (1) media naseba (menara segi banyak) layak digunakan dengan hasil akhir validasi ahli media sebesar 94,29% dengan kategori “Sangat Layak”. Validasi ahli materi sebesar 81,54% dengan kategori “Sangat Layak”. Validasi ahli bahasa sebesar 93% dengan kategori “Sangat Layak”. (2) Penilaian pada uji coba kelompok kecil mendapat skor rata-rata 36,33 atau 90,83% dengan kategori “Sangat Layak” dan pada uji coba kelompok besar memperoleh skor rata-rata 36,42 atau 91,04% dengan kategori “Sangat Layak”. Dari hasil tersebut menunjukan bahwa media Naseba sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran matematika. (3) Hasil dari pretest dan posttest terjadi perubahan signifikan. Skor awal atau pretest rata-rata sebesar 46,11 sedangkan ratarata posttest sebesar 90,56. Hasil ini menunjukan bahwa rata-rata hasil posttest lebih besar dari hasil rata-rata pretest. Keefektifan media yang diukur menggunakan NGain mendapat skor rata-rata sebesar 0,84 atau 84% termasuk pada kategori “Efektif” sebagai media pembelajaran matematika di SDN Condong.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorMeiliana Nurfitriani, -NIDN0405058903
Thesis advisorYopa Taufik Saleh, -NIDN0423068704
Additional Information: Hardcopy: SKP.PGSD.0124
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Naseba, Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 29 Jan 2024 08:52
Last Modified: 29 Jan 2024 08:52
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/1793

Actions (login required)

View Item View Item