PENGEMBANGAN MEDIA PERKRESIPEDA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA KELAS 5 SD

Arini Nuraeni, - (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PERKRESIPEDA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA KELAS 5 SD. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
Arini Nuraeni - COVER.pdf

Download (42kB)
[img] Text
Arini Nuraeni - ABSTRAK.pdf

Download (761kB)
[img] Text
Arini Nuraeni - BAB I.pdf

Download (824kB)
[img] Text
Arini Nuraeni - BAB V.pdf

Download (806kB)
[img] Text
Arini Nuraeni - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (806kB)

Abstract

Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar (SD) masih mengalami permasalahan diantaranya yaitu, nilai yang diperoleh peserta didik masih belum maksimal masih dibawah kriteria ketuntasan minimal, peserta didik tidak fokus saat belajar, keterbatasaan media. Serta kurang memahami materi khususnya pada materi Sistem Peredaran Darah Manusia. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Perkresipeda yang dapat digunakan dalam pembelajaran IPA pada materi sistem peredaran darah manusia sehingga mampu membantu tingkat pemahaman dan pencapaian siswa, serta mengefektifkan waktu dalam menjelaskan materi sistem peredaran darah manusia. Dalam penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang dikemukakan oleh Borg and Gall. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Rengrang kelas 5 SD. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, penyebaran angket responden, pretest dan posttest, validasi ke ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa yang melibatkan para ahli, guru, dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif. Hasil validasi ahli media diperoleh persentase sebesar 96% dengan kategori sangat baik dan pernyataan penilaian layak. Hasil validasi ahli materi diperoleh persentase sebesar 100% dengan kategori sangat baik dan pernyataan layak. Hasil validasi ahli bahasa diperoleh persentase sebesar 93% dengan kategori sangat baik dan pernyataan layak. Hasil uji coba kelompok kecil memperoleh skor rata-rata 3,76 dengan persentase 94%, hasil uji coba kelompok besar memperoleh skor rata-rata 3,75 dengan kelayakan 93,75% dengan kategori sangat baik. Hasil penelitian dengan hitungan N-Gain skor dapat diketahui bahwa di kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata 89% termasuk kategori tafsiran efektif. Dengan nilai N-Gain skor minimal 83% dan maksimal 100%. Berdasarkan hasil penelitian dengan hitungan N-Gain skor dapat diketahui bahwa di kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 60% termasuk kategori tafsiran cukup efektif. Dengan nilai N-Gain score minimal 40% dan maksimal 50%. Berdasarkan hasil penelitian, media pembelajaran Perkresipeda dikatakan Sangat Baik dan layak serta Efektif pada pembelajaran IPA di SD dengan materi sistem peredaran darah manusia.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorBudi Hendrawan, -NIDN0421068603
Thesis advisorSunanih, -NIDN2114087301
Additional Information: Hardcopy: SKP.PGSD.0123
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Perkresipeda, Hasil Belajar, Anak SD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 29 Jan 2024 08:27
Last Modified: 29 Jan 2024 08:27
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/1792

Actions (login required)

View Item View Item