PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU KARTUN PADA MATERI SIKLUS AIR DI KELAS V SDN KARANGANYAR

Siti Nur Komala Sari, - (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU KARTUN PADA MATERI SIKLUS AIR DI KELAS V SDN KARANGANYAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
Siti Nur Komala - COVER.pdf

Download (31kB)
[img] Text
Siti Nur Komala - ABSTRAK.pdf

Download (771kB)
[img] Text
Siti Nur Komala - BAB I.pdf

Download (855kB)
[img] Text
Siti Nur Komala - BAB V.pdf

Download (838kB)
[img] Text
Siti Nur Komala - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (838kB)

Abstract

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Sekolah Dasar (SD) masih mengalami permasalahan diantaranya yaitu, kurangnya pemahaman siswa pada materi siklus air, kurangnya penggunaan media pembelajaran pada materi siklus air, serta guru mengalami keterbatasan dan hambatan dalam pembuatan media yang berhubungan dengan materi yang akan disampaikan kepada siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran buku kartun yang dapat digunakan dalam pembelajaran IPA pada materi siklus air. Dalam penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang dikemukakan oleh Brog and Gall yaitu penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan produk, uji coba lapangan awal, revisi produk, uji coba lapangan utama, dan revisi produk akhir. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar (SD) dikelas V. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik observasi, wawancara, angket, soal tes, validasi yang melibatkan ahli media, ahli materi, ahli bahasa, guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan hasil validasi ahli media memperoleh skor akhir 3,83 yang termasuk dalam kategori sangat baik dan pernyataan penilaian layak. Validasi ahli materi memperoleh skor akhir 4,00 yang termasuk dalam kategori sangat baik dan pernyataan penilaian layak. Validasi ahli bahasa memperoleh skor akhir 4,00 yang termasuk dalam kategori sangat baik dan pernyataan penilaian layak. Uji coba lapangan awal memperoleh skor akhir 3,71 yang termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil Uji coba lapangan utama pada kelas eksperimen memperoleh skor rata-rata N-Gain sebesar 0,76 yang termasuk dalam kategori tinggi dan nilai tafsiran 76% dengan kategori efektif. Sedangkan hasil uji coba lapangan utama pada kelas kontrol memperoleh skor rata-rata 0,32 dengan kategori sedang dan nilai tafsiran 32% dengan kategori tidak efektif. Berdasarkan hasil uji coba tersebut, media kartun layak digunakan dalam pembelajaran IPA.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorAnggia Suci Pratiwi, -NIDN0023018703
Thesis advisorSunanih, -NIDN2114087301
Additional Information: Hardcopy: SKP.PGSD.0122
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Media Buku Kartun, Materi Siklus Air (IPA), Anak Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 29 Jan 2024 08:21
Last Modified: 29 Jan 2024 08:21
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/1791

Actions (login required)

View Item View Item