PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF SIKAIR BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD PADA MATERI SIKLUS AIR

Widya Septiani, - (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF SIKAIR BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD PADA MATERI SIKLUS AIR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
Widya Septiani - COVER.pdf

Download (29kB)
[img] Text
Widya Septiani - ABSTRAK.pdf

Download (752kB)
[img] Text
Widya Septiani - BAB I.pdf

Download (897kB)
[img] Text
Widya Septiani - BAB V.pdf

Download (822kB)
[img] Text
Widya Septiani - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (825kB)

Abstract

Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar (SD) masih mengalami permasalahan diantaranya yaitu, nilai yang diperoleh peserta didik masih belum maksimal masih dibawah kriteria ketuntasan minimal, peserta didik tidak fokus saat belajar, keterbatasaan media. Serta kurang memahami materi khususnya pada materi Siklus Air. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Interaktif Sikair Berbasis Android yang dapat digunakan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada materi siklus air sehingga mampu membantu tingkat pemahaman dan pencapaian siswa, serta mengefektifkan waktu dalam menjelaskan materi siklus air. Dalam penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang dikemukakan oleh Borg and Gall. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 2 Pengadilan Kota Tasikmalaya kelas 5 SD. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, penyebaran angket responden, pretest dan posttest, validasi ke ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa yang melibatkan para ahli, guru, dan siswa. teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif. Hasil validasi ahli media diperoleh persentase sebesar 90% dengan kategori Sangat baik dan pernyataan penilaian layak. Hasil validasi ahli materi diperoleh persentase sebesar 100% dengan kategori Sangat baik dan pernyataan layak. Hasil validasi ahli bahasa diperoleh persentase sebesar 100% dengan kategori Sangat Baik dan pernyataan Layak. Hasil uji coba kelompok kecil memperoleh skor 3,54 rata-rata dengan persentase 88,5%, hasil uji coba kelompok besar memperoleh skor rata-rata 3,63 dengan kelayakan 90,5% dengan kategori Sangat Baik. Hasil penelitian dengan hitungan N-Gain score dapat diketahui bahwa di kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata 0,80 termasuk kategori tafsiran efektif. Dengan nilai N-Gain score minimal 80% dan maksimal 100%. Berdasarkan hasil penelitian dengan hitungan N-Gain score dapat diketahui bahwa di kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 0,42 termasuk kategori tafsiran kurang efektif. Dengan nilai N-Gain score minimal 42% dan maksimal 66%. Berdasarkan hasil penelitian yang di peroleh, maka media pembelajaran Interaktif Sikair Berbasis Android dikatakan Sangat Baik, Layak serta Efektif pada pembelajaran IPA di SD dengan materi siklus air.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorBudi Hendrawan, -NIDN0421068603
Thesis advisorRahmat Permana, -NIDN0429018902
Additional Information: Hardcopy: SKP.PGSD.0117
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Siklus Air, Anak SD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 25 Jan 2024 09:07
Last Modified: 25 Jan 2024 09:07
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/1786

Actions (login required)

View Item View Item