Ratnasari, Ima (2020) PROFIL RASA SYUKUR (GRATITUDE) PADA REMAJA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 MANONJAYA - (SKP.BK 0016). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.
Text
ABSTRAK IMA RATNASARI.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I IMA RATNASARI.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB V IMA RATNASARI.pdf Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA IMA RATNASARI.pdf Download (2MB) |
Abstract
Berbagai aspek yang mendukung proses perkembangan remaja secara optimal perlu diperhatikan, salah satunya adalah kebahagiaan remaja serta kesejahteraannya. Variabel-variabel yang mendukung hal tersebut salah satunya adalah Rasa Syukur (Gratitude). Studi deskripsif dilakukan terhadap 328 orang siswa kelas XI di SMAN 1 Manonjaya dengan sampel 167 orang untuk melihat gambaran umum rasa syukur (Gratitude). Alat ukur yang digunakan merupakan pengembangan dari Gratitude Resentment and Appreciation Test (GRAT) yang dirancang oleh Watkins dkk pada tahun 2003. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 149 siswa berada pada kategori tinggi atau89 %, 15 siswa atau 9 % berada pada kategori sedang dan 3 orang siswa atau 2 % berada pada kategori rendah. Hal ini menunjukkan kecenderungan siswa telah mempunyai ciri-ciri orang bersyukur yakni telah merasa berlimpah, menghargai hal yang sederhana dan menghargai orang lain. Menulis Jurnal Rasa Syukur telah direkomendasikan penelitian-penelitian sebelumnya bdengan asumsi bahwa jika individu menuliskan kebaikan yang mereka dapatkan setiap hari, maka akan memfokuskan individu pada hal yang baik atau positif daripada berpikir tentang hal yang negatif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | :Gratitude, Menulis Jurnal | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Bimbingan Konseling | |||||||||
Depositing User: | Tsani Karimah | |||||||||
Date Deposited: | 23 Feb 2021 03:15 | |||||||||
Last Modified: | 28 Oct 2022 12:58 | |||||||||
URI: | http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/150 |
Actions (login required)
View Item |