Muhammad Faisal Fahruddin Adjie, - (2022) PROFIL PERILAKU ASERTIF PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SALAWU KABUPATEN TASIKMALAYA - (SKP.BK 0146). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.
Text
Muhammad Faisal FA - COVER.pdf Download (97kB) |
|
Text
Muhammad Faisal FA - ABSTRAK.pdf Download (827kB) |
|
Text
Muhammad Faisal FA - BAB I.pdf Download (965kB) |
|
Text
Muhammad Faisal FA - BAB V.pdf Download (923kB) |
|
Text
Muhammad Faisal FA - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (976kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (181kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang terjadi disebabkan pandemi Covid 19 yang mempengaruhi perkembangan perilaku asertif siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui gambaran umum perilaku asertif pada siswa SMP N 1 Salawu Kabupaten Tasikmalaya, berdasarkan jenis kelamin, dan merencanakan program untuk meningkatkan perilaku asertif siswa. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan disusun oleh peneliti menggunakan grand theory perilaku asertif Alberti & Emmons. Tekhnik pengumpulan data menggunakan angket berupa skala likert dengan opsi jawaban sangat rendah, rendah, tinggi, dan sangat tinggi, yang disebarkan kepada 180 responden. Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel jenuh. Selanjutnya data dianalisa menggunakan rumus persentase (%). Berdasarkan hasil penelitian ini secara umum siswa SMP N 1 Salawu Kabupaten Tasikmalaya berada pada kategori perilaku asertif sangat rendah sebanyak 25 siswa (14%); pada kategori rendah sebanyak 92 siswa (51%); pada kategori tinggi sebanyak 58 siswa ( 32%) dan pada kategori sangat tinggi sebanyak 5 siswa (3%). . Gambaran perilaku asertif berdasarkan jenis kelamin menunjukkan hasil sig 0,61 >0,05 yang artinya tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa perilaku asertif siswa SMPN 1 Salawu Kabupaten Tasikmalaya sebagian besar berada pada kategori rendah dan tidak terdapat perbedaan berdasarkan jenis kelamin yang artinya bahwa faktor yang memperngaruhi atau memperkuat perilaku asertif bukan hanya dilihat berdasarkan gender atau jenis kelamin saja, namun banyak faktor pendukung yang dapat memperkuat perilaku asertif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Perilaku asertif, siswa, deskriptif kuantitatif | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Bimbingan Konseling | |||||||||
Depositing User: | Tsani Karimah | |||||||||
Date Deposited: | 26 May 2023 07:31 | |||||||||
Last Modified: | 26 May 2023 07:31 | |||||||||
URI: | http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/1327 |
Actions (login required)
View Item |