PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN QUESTION CARDS BERBASIS QR-CODE UNTUK MATERI PERMASALAHAN SOSIAL DI KELAS V SDN 1 LEWO

Irma Silvi Fauziah, - (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN QUESTION CARDS BERBASIS QR-CODE UNTUK MATERI PERMASALAHAN SOSIAL DI KELAS V SDN 1 LEWO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
Irma Silvi Fauziah - COVER.pdf

Download (200kB)
[img] Text
Irma Silvi Fauziah - ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Irma Silvi Fauziah - BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Irma Silvi Fauziah - BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Irma Silvi Fauziah - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (936kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah produk berupa media pembelajaran Question Cards Berbasis Qr-Code yang dapat digunakan dalam pembelajaran IPS. Di SDN 1 Lewo, terdapat beberapa permasalahan berupa guru belum menggunakan media yang efektif dalam proses pembelajaran sehingga pembelajaran terkesan monoton, kelompok belajar yang tidak efektif serta adanya rasa jenuh dan bosan ketika belajar sehingga hal ini menjadikan siswa pasif ketika belajar yang berdampak pada rendahnya hasil belajar pada siswa. siswa mengalami kesulitan belajar pada materi permasalahan sosial dikarenakan cakupan materinya luas dan memerlukan media pembelajaran agar materi yang disampaikan tidak terkesan monoton. Dengan demikian, media Question Cards Berbasis Qr-Code dikembangkan untuk menjawab beberapa permasalahan tersebut. Jenis penelitian ini menggunakan Research and Development dengan model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 1 Lewo pada siswa kelas V dengan teknik analisis data statistik deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan teknik wawancara, tes, dan angket yang diberikan kepada ahli media, ahli bahasa, ahli materi dan guru serta respon siswa. Hasil validasi akhir pada ahli media memperoleh skor kelayakan 100% kategori “sangat layak”. Hasil ahli materi yaitu sebesar 97% “sangat layak”. Hasil ahli bahasa yaitu sebesar 100% “sangat layak”, dan guru yaitu sebesar 95% “sangat layak”. Adapun hasil uji coba kelompok kecil memperoleh skor rata-rata 33,4 dengan kriteria kelayakan 95,42% kategori “sangat layak”, dan hasil uji coba kelompok besar memperoleh skor rata-rata 34 dengan kriteria kelayakan 97,14% kategori “sangat layak”. Hal ini menunjukan bahwa media Question Cards Berbasis Qr-Code layak dijadikan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran IPS. Berdasarkan hasil pretest dan posttest terjadi perubahan yang signifikan. Pada tahap uji lapangan kelas eksperimen memperoleh rata-rata skor N-Gain 0.83 dengan kategori “Tinggi” dan kategori tafsiran “Efektif”, sedangkan pada kelas kontrol memperoleh rata-rata skor N-Gain 0,35 dengan kategori “Rendah” dan kategori tafsiran “Tidak Efektif”. Dengan demikian, hasil penelitian yang telah diperoleh menggunakan N-Gain dapat dikatakan bahwa media pembelajaran Question Cards Berbasis Qr-Code dinyatakan layak dan efektif untuk digunakan pada mata pelajaran IPS materi permasalahan sosial di kelas V SD.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorYopa Taufik Saleh, -NIDN0423068704
Thesis advisorRahmat Permana, -NIDN0429018902
Additional Information: HARDCOPY (SKP.PGSD.0096)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Pembelajaran IPS, Anak SD.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 03 May 2023 01:19
Last Modified: 03 Jul 2023 04:32
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/1317

Actions (login required)

View Item View Item