PENGEMBANGAN APE "KOTAK TEBAK HURUF" UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS ANAK USIA 5-6 TAHUN - (SKP.PAUD 0023)

Dina Nurazizah, - (2022) PENGEMBANGAN APE "KOTAK TEBAK HURUF" UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS ANAK USIA 5-6 TAHUN - (SKP.PAUD 0023). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
Dina Nurazizah - COVER.pdf

Download (183kB)
[img] Text
Dina Nurazizah - ABSTRAK.pdf

Download (978kB)
[img] Text
Dina Nurazizah - BAB I.pdf

Download (988kB)
[img] Text
Dina Nurazizah - BAB V.pdf

Download (907kB)
[img] Text
Dina Nurazizah - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (921kB)
[img]
Preview
Image
Lembar Pengesahan - Dina Nurazizah.jpg

Download (1MB) | Preview

Abstract

Menulis merupakan salah satu kemampuan yang harus dikembangkan dalam perkembangan bahasa anak, karena kehidupan manusia selain berkomunikasi dengan lisan juga komunikasi secara tertulis. Menulis juga dapat dijadikan sebagai hobi bahkan keterampilan yang dapat menghasilkan karya-karya yang dikenal banyak orang. Akan tetapi kemampuan menulis anak usia dini saat ini belum sepenuhnya berkembang sebagimana mestinya, ada dua faktor yang dapat mempengaruhi hal tersebut yaitu faktor internal dan faktor eksternal, faktor internal berarti keinginan menulis yang muncul dari dalam diri anak, sedangkan faktor eksternal berarti dorongan dari luar diri anak atau lingkungannya. Untuk itu keberhasilan pelaksanaan suatu program pendidikan khususunya untuk anak usia dini tergantung pada pengelolaan sumber belajar, salah satunya penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE). Alat Permainan Edukatif (APE) adalah segala sesuatu yang dapat digunakan sebagai sarana atau peralatan untuk bermain yang mengandung nilai edukatif (pendidikan) dan dapat mengembangkan seluruh kemampuan anak. Oleh karena itu, maka perlu adanya pengembangan media pembelajaran yang dapat membantu peserta didik ataupun pendidik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan APE “Kotak Tebak Huruf”. Metode penelitian ini menggunakan metode research and depelovment (R&D) berdasarkan model penelitian dan pengembangan 4D. Terdiri dari 4 tahap yaitu pendefinisian (define), perencanaan (design), pengembangan (depelov), dan penyebaran (dissemnate). Teknik pengumpulan data yaitu dengan berupa Instrumen validasi ahli materi dan ahli media. Hasil penelitian menunjukan bahwa APE “Kotak Tebak Huruf” yang dikembangkan sudah layak untuk disebarluaskan, hal ini ditunjukan beradasarkan penilaian ahli materi dengan nilai 3.85 (Baik), penilaian ahli media memperoleh nilai 4,13 (Sangat Baik), penilaian dari guru memperoleh nilai 5 (Sangat Baik) serta berdasarkan respon anak kelompok B melalui uji coba lapangan awal dengan presentase 100% (Layak) dan uji coba lapangan operasional dengan presentase 100% (Layak).

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorRikha Surtika Dewi, -NIDN0011048404
Thesis advisorMaesaroh Lubis, -NIDN0401057102
Uncontrolled Keywords: Alat Permainan Edukatif, APE” Kotak Tebak Huruf”
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 13 Apr 2023 06:58
Last Modified: 24 May 2023 08:31
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/1301

Actions (login required)

View Item View Item