ASUHAN KEPERAWATAN PADA ANAK PRASEKOLAH (3-6 TAHUN) DENGAN PENERAPAN TERAPI BERMAIN (PUZZLE) UNTUK MENURUNKAN KECEMASAN AKIBAT HOSPITLISASI - (KTI.1619)

Nadira Oktapiyanti, - (2022) ASUHAN KEPERAWATAN PADA ANAK PRASEKOLAH (3-6 TAHUN) DENGAN PENERAPAN TERAPI BERMAIN (PUZZLE) UNTUK MENURUNKAN KECEMASAN AKIBAT HOSPITLISASI - (KTI.1619). KTI thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
Nadira Oktapiyanti - COVER.pdf

Download (230kB)
[img] Text
Nadira Oktapiyanti - ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Nadira Oktapiyanti - BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Nadira Oktapiyanti - BAB V.pdf

Download (918kB)

Abstract

Anak adalah individu yang unik yang harus dipenuhi kebutuhannya sesuai dengan tahapan tumbuh kembang yang dilaluinya. Tumbuh kembang anak dimulai dari usia bayi, toddler, prasekolah, hingga remaja. Anak prasekolah beresiko mengalami berbagai masalah kesehatan yang diakibatkan belum optimalnya daya tahan tubuh, masalah yang sering muncul seperti demam, infeksi saluran pernafasan, dan mengakibatkan anak harus dirawat inap di rumah sakit atau hospitalisasi. Dampak Hospitalisasi akan menimbulkan reaksi fsikologis pada anak berupa kecemasan. Kecemasan menyebabkan tidak kooperatif dan sulit diajak bekerja sama dengan petugas kesehatan. Adapun penatalaksanaan pada anak yang mengalami kecemasan akibat hospitalisasi yaitu dengan pemberian penerapan terapi bermain (puzzle), tujuan Karya Tulis Ilmiah ini yaitu Untuk mengetahui gambaran Asuhan Keperawatan Pada Anak Prasekolah (3-6 Tahun) Dengan Penerapan Terapi Bermain (Puzzle) Untuk Menurunkan Kecemasan Akibat Hospitalisasi berdasarkan literature riview metode Penelitian ini menggunakan literature rivew teks book , 3 artikel jurnal dan 1 asuhan keperawatan menunjukan adanya pengaruh terapi bermain puzzle penurunan cemas, dan hasil serc engine menggunakan scholar, hasil Penelitian 3 artikel dan 1 asuhan keperawatan menunjukan adanya pengaruh penerapan terapi bermain puzzle untuk menurunkan kecemasan. Berdasarkan pengkaajian yang didapatkan pada teori dan asuhan keperawatan ditemukan yaitu berdasarkan fakta hasil literature review didapatkan bahwa Data Subjektif : ny.s mengatakan bahwa selama dirumah sakitaak L hanya tidur, An L rewel sering merengek,An L tampak menghindari orang lain. Dan data Objektif anak tampak selalu memegang ibunya, wajah tegang . Diagnosa keperawatan yang diangkat sebagai masalah utama adalah ansietas, intervensi yang diberikan yaitu menggunakan terapi bermain puzzle, implementasi yang dilakukan kurang lebih 30 menit 3 hari atau tergantung keadaan anak nyaini menunjukan bahwa dengan dilakukannya terapi bermain puzzle pada klien yang dirawat inap dapat mengatasi kecemasan klien Berdasarkan tahapan standar operasional prosedur (SOP) dengan cara melakukan penerapan terapi bermain puzzle. Kesimpulann Dalam evaluasi menunjukan adanya penurunan tingkat kecemasan (ansietas) sesuai kriteria hasil, penerapan terapi bermain terbukti sangat efektif menurunkan tingkat ansietas. Saran: dari penelitian ini bisa dijadikan alternatif terapi untuk diberikan kepada anak kepada anak yang dirawat inap untuk mengatasi kecemasan.

[error in script]
Item Type: Thesis (KTI)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorSri Mulyanti, -NIDN0424077401
Thesis advisorTatang Kusmana, -NIDN0425056702
Thesis advisorMuttaqin, -NIDN0420058307
Uncontrolled Keywords: Terapi bermain puzzle, kecemasan, usia prasekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > D3 Keperawatan
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 27 Mar 2023 03:19
Last Modified: 19 May 2023 04:27
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/1266

Actions (login required)

View Item View Item