PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DALAM MATA PELAJARAN DASAR DESAIN GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN KREATIFITAS PESERTA DIDIK

Sudirman, - (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DALAM MATA PELAJARAN DASAR DESAIN GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN KREATIFITAS PESERTA DIDIK. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
Sudirman - COVER.pdf

Download (44kB)
[img] Text
Sudirman - ABSTRAK.pdf

Download (816kB)
[img] Text
Sudirman - BAB I.pdf

Download (876kB)
[img] Text
Sudirman - BAB V.pdf

Download (818kB)
[img] Text
Sudirman - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (817kB)

Abstract

Kreativitas merupakan hal penting dalam pembelajaran dan bahkan dapat menjadi pintu masuk dalam upaya meningkatkan pencapaian hasil belajar peserta didik. terkadang dalam sebuah proses pembelajaran sering kali guru kurang memperhatikan terhadap pentingnya kreativitas peserta didik, hal tersebut berdampak terhadap menurunnya kreativitas peserta didik dalam mengerjakan tugas. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap peningkatan kreativitas peserta didik pada mata pelajaran dasar desain grafis. Model pembelajaran inkuiri diharapkan dapat menjadi referensi tambahan dalam proses pembelajaran sehingga menghasilkan pembelajaran yang lebih bervariatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen dengan menggunakan desain pretest dan posttest control group design . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X Multimedia di wilayah lingkungan kelurahan Nagarawangi. Teknik penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan Convenience sampling maka sampel dalam penelitian terdiri dari 20 orang peserta kemudian dibagi menjadi 2 kelompok dan cara eksperimen yaitu 10 orang peserta didik pada kelas eksperimen dan 10 orangpeserta didik lain nya pada kelas kontrol.Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menggunakan uji Man Whitney pada kelas ekperimen dan kelas kontrol menunjukan bahwa nilai asymp.sig ( 2 tailed) 0.00 yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya terdapat perbedaan peningkatan kreativitas peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan model Konvensional. Rata – rata peningkatan pada kelas ekperimen sebesar 0.80 dan pada kelas kontrol 0.10

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorTaofik Muhammad, -NIDN0030108802
Thesis advisorMilah Nurkamilah, -NIDN0412128902
Additional Information: HARDCOPY - (SKP.PTI 0021)
Uncontrolled Keywords: Inkuiri terbimbing, Desain grafis dasar, Kreativitas
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Teknik Informasi
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 22 Nov 2022 02:11
Last Modified: 12 Dec 2023 07:56
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/1136

Actions (login required)

View Item View Item