PENGARUH PENGGUNAAN MODEL SCRAMBLE BERBANTUAN KARTU DOMINO TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA DI KELAS III SDN 2 NEGLASARI

Ai Nurhayati, - (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL SCRAMBLE BERBANTUAN KARTU DOMINO TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA DI KELAS III SDN 2 NEGLASARI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
Ai Nurhayati - COVER.pdf

Download (80kB)
[img] Text
Ai Nurhayati - ABSTRAK.pdf

Download (884kB)
[img] Text
Ai Nurhayati - BAB I.pdf

Download (912kB)
[img] Text
Ai Nurhayati - BAB V.pdf

Download (821kB)
[img] Text
Ai Nurhayati - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (956kB)

Abstract

Model scramble adalah salah satu model pembelajaran kooperatif yang dapat meningkatkan konsentrasi, kecepatan dan ketepatan berfikir siswa. Membaca pemahaman adalah proses pengolahan bacaan atau teks tujuannya untuk memperoleh informasi yang terkandung dalam teks bacaan, membaca pemahaman harus menjadi bagian penting dari peningkatan kualitas siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model scramble berbantuan kartu domino terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa di kelas III SDN 2 Neglasari. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pre eksperiment dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas III sebanyak 40 orang siswa, sedangkan sempel dalam penelitian ini berjumlah 25 siswa yang terdiri dari 10 laki-laki dan 15 perempuan. Instrumen yang digunakan merupakan instrumen tes (pretest-posttest) berupa soal esai sebanyak 10 soal dengan dianalisis menggunakan aplikasi SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis data uji hipotesis menggunakan one sample t-test didapatkan nilai sig sebesar 0,000 dan nilai tingkat signifikansi (α) adalah 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa nilai sig lebih kecil dari nilai taraf signifikansi (α). Hasil menunjukan H0 ditolak dan H1 diterima, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model scramble berbantuan kartu domino terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa di kelas III SDN 2 Neglasari.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorBudi Hendrawan, -NIDN0421068603
Thesis advisorYopa Taufik Saleh, -NIDN0423068704
Additional Information: HARDCOPY- (SKP.PGSD.0092)
Uncontrolled Keywords: model scramble, kartu domino, membaca pemahaman.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 21 Nov 2022 07:54
Last Modified: 07 Dec 2023 07:11
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/1135

Actions (login required)

View Item View Item