PENGARUH PELATIHAN KADER POSYANDU DENGAN MODUL TERINTEGRASI TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN KEIKUTSERTAAN KADER

Sri Wahayuni Sundari, - (2016) PENGARUH PELATIHAN KADER POSYANDU DENGAN MODUL TERINTEGRASI TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN KEIKUTSERTAAN KADER. TESIS thesis, Universitas Padjadjaran.

[img] Text
Sri Wahyuni - COVER.pdf

Download (111kB)
[img] Text
Sri Wahyuni Sundari - ABSTRAK.pdf

Download (950kB)
[img] Text
Sri Wahyuni Sundari - BAB I.pdf

Download (892kB)
[img] Text
Sri Wahyuni Sundari - BAB V.pdf

Download (825kB)
[img] Text
Sri Wahyuni Sundari - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (823kB)

Abstract

Jumlah posyandu di Indonesia pada saat ini semakin bertambah setiap tahunnya, namun tidak diimbangi dengan kualitas posyandu. Hal ini diduga karena kurangnya sumber daya manusia yang mengelola posyandu yaitu kader, terbukti dari data yang menunjukan rata-rata jumlah kader aktif adalah 3-4 orang pada setiap posyandu. Sedikitnya jumlah kader aktif menggambarkan peran serta masyarakat yang masih rendah, maka perlu diupayakan penambahan jumlah kader posyandu melalui pelatihan. Pelatihan kader posyandu dengan menggunakan modul terintegrasi nilai-nilai agama, sosial dan motivasi diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan sikap sehingga mendorong masyarakat untuk ikutserta menjadi kader posyandu. Tujuan penelitian ini untuk mengukur pengaruh pelatihan kader posyandu dengan modul terintegrasi terhadap peningkatan pengetahuan, sikap dan keikutsertaan kader posyandu, dengan menggunakan desain penelitian Quasy experiment pre-test and post-test with control group. Penelitian ini dilakukan di Manonjaya, dengan subjek ibu yang tidak bekerja dan mempunyai waktu luang sebanyak 30 orang pada setiap kelompok. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara pusposif sampling. Data diperoleh dari pengisian kuesioner pengetahuan dan sikap serta lembar observasi keikutsertaan. Hasil penelitian dilakukan analisis menggunakan Chi-Square, serta uji beda dengan Wilcoxon dan Mann Whiteney. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengetahuann responden sebelum diberikan pelatihan pada kelompok intervensi dan kelompok kontrol sebesar 80,4 dan 81,2, kemudian setelah pelatihan menjadi 88,1 dan 87. Sikap responden sebelum pelatihan sebesar 69,7 dan 71,9, setelah pelatihan menjadi 85,5 dan 75. Pengaruh pelatihan kader posyandu terhadap pengetahuan dan sikap dianalisis dengan nilai p=0,006 dan <0,001. Keikutsertaan responden berturut-turut pada post-test 1 dan post-test 2 antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol sebanyak 25 orang dan 22 orang dengan nilai p=0,374. Simpulan pelatihan kader posyandu dengan modul terintegrasi lebih meningkatkan pengetahuan dan sikap responden, tetapi tidak lebih baik dalam meningkatkan keikutsertaan kader.

[error in script]
Item Type: Thesis (TESIS)
Uncontrolled Keywords: Pelatihan, Kader Posyandu, Pengetahuan, Sikap, Keikutsertaan
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Karya Dosen
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 09 Sep 2022 06:20
Last Modified: 26 Oct 2023 06:51
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/1053

Actions (login required)

View Item View Item