Nai Linda Tinayanti, - (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAAN STAD ( STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA PADA MATERI MACAM-MACAM GAYA DI KELAS IV SDN CIPATAT - (SKP.PGSD.0082). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.
Text
Nai Linda Tinayanti - ABSTRAK.pdf Download (835kB) |
|
Text
Nai Linda Tinayanti - BAB I.pdf Download (838kB) |
|
Text
Nai Linda Tinayanti - BAB V.pdf Download (833kB) |
|
Text
Nai Linda Tinayanti - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (912kB) |
Abstract
IPA adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari objek-objek alam semesta beserta isinya. Dalam pembelajaran IPA siswa harus diberikan kesempatan untuk mengalami dan menemukan sendiri tentang makna dari materi yang diajarkan dengan berpikir kritis sehingga mudah dipahami siswa dalam mata pelajaran IPA. Oleh karena itu, pembelajaran IPA di Sekolah Dasar menekankan pada pemberian pengalaman belajar secara langsung. Salah satu alternatif yang digunakan dalam pembelajaran yaitu dengan menerapkan model pembelajaran STAD (student teams achievement division) pada materi macam-macam gaya. Dengan diterapkannya model pembelajaran STAD diharapkan adanya pengaruh pada prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran STAD (student teams achievement division) terhadap prestasi belajar IPA pada materi Macam-macam Gaya di Kelas IV SDN Cipatat. Metode penelitian ini menggunakan metode Quasi Experimental Design dengan desain penelitian Nonequivalent control group design. Penelitian ini dilakukan di SDN Cipatat. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Cipatat Kecamatan Cikalong Kabupaten Tasikmalaya sejumlah 32 orang.. Peneliti disini melakukan pengambilan sampel dengan menggunakan teknik total Sampling. Dimana pengambilan sampelnya secara keseluruhan dan dipilih kelas kontrol dan eksperimen dengan menggunakan teknik sampling sistematis. Teknik Sampling sistematis adalah teknik pengambilan sampel berdasarkan urutan dari anggota populasi yang telah di beri nomor urut. Untuk teknik pengumpulan data mengguanakan test yaitu Pretest dan Posttest serta data dianalisis dengan menggunakan aplikasi SPSS 16. Dari hasil data yang telah dianalisis, diperoleh kelas eksperimen signifikasinya dari Kolmogorov-Smirnov a sebesar 0,161 dan dari Shapiro-Wilk sebesar 0,31. Sedangkan kelas kontrol signifikasinya dari Kolmogorov-Smirnov a sebesar 0,200 dan dari Shapiro-Wilk sebesar 0,293. Kelas tersebut memiliki nilai signifikasi lebih besar dari 0,05 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan dan Ho ditolak. Model pembelajaran STAD memilki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada materi macam-macam di kelas IV SDN Cipatat. Untuk F hitung yang didapat yaitu 3,029126214 dan F tabel 2 yang didapat berada pada wilayah positif atau 3,029126214 > 2 sehingga Ha diterima. Nilai rata-rata kelas 82. Maka model pembelajaran STAD ini memiliki pengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SDN Cipatat pada materi Macam-Macam Gaya. Maka model pembelajaran STAD (student teams achievement division) I pengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas iv SDN Cipatat pada materi Macam-macam Gaya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | STAD (Student Teams Achievement Division), Prestasi Belajar, Pembelajaran IPA | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar | |||||||||
Depositing User: | Tsani Karimah | |||||||||
Date Deposited: | 30 Jun 2022 08:08 | |||||||||
Last Modified: | 19 May 2023 03:57 | |||||||||
URI: | http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/1036 |
Actions (login required)
View Item |