PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR KELAS IV SDN CEUNGCEUMJAYA - (SKP.PGSD.0078)

Rizal Fuad Noor, - (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR KELAS IV SDN CEUNGCEUMJAYA - (SKP.PGSD.0078). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah masih rendahnya prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika berdasarkan data wawancara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap prestasi belajar pada materi keliling dan luas bangun datar di kelas IV SDN Ceungceumjaya. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode preeksperimental designs bentuk one-group pretest-posttest design. Subjek penelitian adalah kelas IV SDN Ceungceumjaya yang berjumlah 28 peserta didik. Objek penelitian adalah prestasi belajar pada materi keliling dan luas bangun datar dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dan analisis kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar matematika pada materi keliling dan luas bangun datar kelas IV SDN Ceungceumjaya. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest, atau sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan model PBL. Nilai rata-rata pretest yaitu 40,00, sedangkan nilai rata-rata posttest 83,39. Terlihat perbedaan yang signifikan antara hasil prestasi peserta didik sebelum diberikan perlakuan dan sesudah diberikan perlakuan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorRahmat Permana, -NIDN0429018902
Thesis advisorMeiliana Nurfitriani, -NIDN0405058903
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 18 Feb 2022 08:04
Last Modified: 23 May 2023 08:09
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/822

Actions (login required)

View Item View Item