Zulfa Azkiyatul Ulya, - (2021) Tingkat Kecemasan Guru Taman Kanak-Kanak dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Kota Tasikmalaya. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.
Text
COVER.pdf Download (27kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (1MB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
||
Text
Lembar Pernyataan tidak Plagiarisme - Zulfa Azkiyatul'Ulya.pdf Download (144kB) |
||
|
Image
Zulfa Azkiyatul Ulya - Lembar Pengesahan.jpg Download (70kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran ketika adanya pandemi covid-19 dialihkan alternatifnya menjadi pembelajaran jarak jauh. Pada penelitian sebelumnya, dalam situasi pandemi ini menimbulkan tingkat kecemasan kepada orangtua. Kecemasan adalah suatu perasaan yang sifatnya umum, di mana seseorang merasa ketakutan, kekhawatiran atau kehilangan kepercayaan diri yang tidak jelas asal maupun wujudnya. Dalam situasi pandemi covid-19 ini proses pembelajaran tidak berjalan seperti biasanya, dengan situasi ini menimbulkan kecemasan bagi guru pada umumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tingkat kecemasannya guru Taman Kanak-Kanak dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Kota Tasikmalaya. Oleh karena itu, untuk mengetahui tingkat kecemasan guru dilakukan penelitian dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif melalui penyebaran angket berdasarkan teori kecemasan dari Robert L Spitzer yang terdiri dari 7 instrumen (GAD-7). Populasi dalam penelitian ini berjumlah 407 guru, dan jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 202 guru. Sebelum pengambilan data sample, peneliti terlebih dahulu melakukan uji validitas dan reliabilitas kepada guru-guru Raudhatul ‘Athfal sebanyak 32 orang guru untuk melihat valid dan tidaknya angket kuesioner penelitian. Setelah melakukan uji validitas, peneliti langsung menarik data untuk dijadikan sampel. Data uji validitas menunjukkan bahwa dari 42 butir pernyataan yang valid hanya 14 butir pernyataan dan 28 butir pernyataan tidak valid. Penelitian ini menggunakan google form. Hasil penelitian 218 orang menunjukan bahwa tingkat kecemasan guru TK dalam PJJ di Kota Tasikmalaya berada dalam kategori kecemasan yang sedang dengan nilai presentase 47,2%, dengan selisih tingkat kecemasan dalam kategori tidak memiliki kecemasan ialah 3,2%, sedangkan dengan selisih tingkat kecemasan dalam kategori rendah ialah 11,9% dan selisih dalam kategori tingkat kecemasan tinggi ialah 37,6%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | HARDCOPY - (SKP.PAUD 0013) | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kecemasan, Guru Taman Kanak-Kanak, Pembelajaran Jarak Jauh | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Anak Usia Dini | |||||||||
Depositing User: | Tsani Karimah | |||||||||
Date Deposited: | 19 Jan 2022 08:14 | |||||||||
Last Modified: | 26 Oct 2023 07:26 | |||||||||
URI: | http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/758 |
Actions (login required)
View Item |