Tingkat Kecemasan Guru Taman Kanak-Kanak dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Kota Tasikmalaya

Zulfa Azkiyatul Ulya, - (2021) Tingkat Kecemasan Guru Taman Kanak-Kanak dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Kota Tasikmalaya. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
COVER.pdf

Download (27kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Lembar Pernyataan tidak Plagiarisme - Zulfa Azkiyatul'Ulya.pdf

Download (144kB)
[img]
Preview
Image
Zulfa Azkiyatul Ulya - Lembar Pengesahan.jpg

Download (70kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran ketika adanya pandemi covid-19 dialihkan alternatifnya menjadi pembelajaran jarak jauh. Pada penelitian sebelumnya, dalam situasi pandemi ini menimbulkan tingkat kecemasan kepada orangtua. Kecemasan adalah suatu perasaan yang sifatnya umum, di mana seseorang merasa ketakutan, kekhawatiran atau kehilangan kepercayaan diri yang tidak jelas asal maupun wujudnya. Dalam situasi pandemi covid-19 ini proses pembelajaran tidak berjalan seperti biasanya, dengan situasi ini menimbulkan kecemasan bagi guru pada umumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tingkat kecemasannya guru Taman Kanak-Kanak dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Kota Tasikmalaya. Oleh karena itu, untuk mengetahui tingkat kecemasan guru dilakukan penelitian dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif melalui penyebaran angket berdasarkan teori kecemasan dari Robert L Spitzer yang terdiri dari 7 instrumen (GAD-7). Populasi dalam penelitian ini berjumlah 407 guru, dan jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 202 guru. Sebelum pengambilan data sample, peneliti terlebih dahulu melakukan uji validitas dan reliabilitas kepada guru-guru Raudhatul ‘Athfal sebanyak 32 orang guru untuk melihat valid dan tidaknya angket kuesioner penelitian. Setelah melakukan uji validitas, peneliti langsung menarik data untuk dijadikan sampel. Data uji validitas menunjukkan bahwa dari 42 butir pernyataan yang valid hanya 14 butir pernyataan dan 28 butir pernyataan tidak valid. Penelitian ini menggunakan google form. Hasil penelitian 218 orang menunjukan bahwa tingkat kecemasan guru TK dalam PJJ di Kota Tasikmalaya berada dalam kategori kecemasan yang sedang dengan nilai presentase 47,2%, dengan selisih tingkat kecemasan dalam kategori tidak memiliki kecemasan ialah 3,2%, sedangkan dengan selisih tingkat kecemasan dalam kategori rendah ialah 11,9% dan selisih dalam kategori tingkat kecemasan tinggi ialah 37,6%.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorElfan Fanhas Fatwa Khomaeny,, -NIDN0425098003
Thesis advisorFajar Nugraha, -NIDN0408128802
Additional Information: HARDCOPY - (SKP.PAUD 0013)
Uncontrolled Keywords: Kecemasan, Guru Taman Kanak-Kanak, Pembelajaran Jarak Jauh
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 19 Jan 2022 08:14
Last Modified: 26 Oct 2023 07:26
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/758

Actions (login required)

View Item View Item