Yuda, - (2021) ANALISIS PEMBELAJARAN INSTRUMEN GESEK BIOLA GRADE I DISEKOLAH MUSIK SIMPHONY MUSIC KOTA TASIKMALAYA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.
Text
ABSTRAK.pdf Download (627kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (663kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (519kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (627kB) |
Abstract
Di Kota Tasikmalaya terdapat beberapa sekolah musik khusus atau kursusan yang memfokuskan peserta didik dalam bidang pembelajaran seni musik yang sedang dijalani serta diminati oleh peserta didik tersebut. Yang mana di dalamnya mempelajari salah satu alat musik seperti piano, gitar akustik, gitar klasik, saxsophone, alat gesek seperti biola, cello, viola, dan alat musik yang lainya disesuaikan dengan minat dan bakat peserta didik. Simphony Music School, merupakan salah satu sekolah musik khusus di Kota Tasikmalaya yang menyelenggarakan pembelajaran khusus alat musik gesek biola yang terbagi menjadi beberapa tahapan atau biasa disebut per-grade, yang mana ini menjadi suatu ketertarikan bagi peneliti untuk meneliti secara langsung proses pembelajaran alat gesek biola dari grade I hingga lanjutannya. Di samping masih jarangnya minat serta bakat masyarakat Kota Tasikmalaya khususnya para generasi muda yang berkeinginan untuk mempelajari alat gesek biola, peneliti berharap dengan adanya hasil penelitian ini semoga bisa memotivasi serta membantu semua orang yang berminat untuk mempelajari salah satu alat musik gesek yaitu biola. Karena penelitian ini difokuskan serta dikhususkan bagi para pemula yang ingin mempelajari alat musik gesek biola. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Musik “Simphony Music” Kota Tasikmalaya, yang berlokasi di Jalan K.H.Z Mustofa, Ruko Permata Regency No.33, Kahuripan, Tawang, Yudanagara, Kec. Cihideung, Tasikmalaya, Jawa Barat 46115 dengan telepon (0265) 2353838. Adapun sumber data yang digunakan adalah dengan menggunakan observasi, wawancara, studi dokumentasi, dan studi literatur. Kemudian data akan dianalisis menggunakan teknik analisis pendalaman kajian dengan langkah-langkah mereduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian Mengungkapkan bahwa Simphony Music memiliki sistem pembelajaran privat. Metode pembelajaran yang digunakan adalah metode drill/latihan yang dalam pembelajarannya melatih peserta didik agar memiliki ketermpilan bermain biola lebih dari pembelajaran yang sudah diberikan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | HARDCOPY (SKP.SENI 0036) | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, Biola, Musik | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik | |||||||||
Depositing User: | Tsani Karimah | |||||||||
Date Deposited: | 15 Dec 2021 08:28 | |||||||||
Last Modified: | 03 Jul 2023 04:03 | |||||||||
URI: | http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/669 |
Actions (login required)
View Item |