KONSELING KOGNITIF PERILAKU UNTUK MENINGKATKAN LOKUS KENDALI PADA REMAJA ADIKSI GAME ONLINE (PENELITIAN EKSPERIMEN DI SMAN 6 TASIKMALAYA)

Ninda Amety Nurfadila, - (2021) KONSELING KOGNITIF PERILAKU UNTUK MENINGKATKAN LOKUS KENDALI PADA REMAJA ADIKSI GAME ONLINE (PENELITIAN EKSPERIMEN DI SMAN 6 TASIKMALAYA). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
cover ninda.pdf

Download (32kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (327kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (388kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (179kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA ninda.pdf

Download (554kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Ninda Baru.pdf

Download (36kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan Ninda.pdf

Download (20kB)

Abstract

Masalah penggunan internet game online dilaporkan semakin meningkat setiap tahunnya. Pengguna game online umumnya tidak menyadari berapa lama waktu yang dihabiskan untuk bermain sehingga hal itu memberikan dampak negatif jika tidak terkendali. Lokus kendali dapat membantu individu mengatasi berbagai hal merugikan yang berasal dari luar dirinya. Peningkatan lokus kendali internal dapat membantu individu untuk mereduksi intensitas bermain game online yang berlebihan. Individu menjadi lebih mampu untuk menjalankan keberfungsian diri dalam kehidupannya. Tulisan ini menyajikan hasil penelitian menggunakan desain penelitian kasus tunggal dengan desain A – B – A untuk melihat efektivitas konseling kognitif perilaku untuk meningkatkan lokus kendali siswa. Subjek terdiri dari 3 orang (N=3) siswa yang berada di salah satu Sekolah Menengah Atas yang mengalami tingkat adiksi game online tinggi dan termasuk kategori lokus kendali ekternal. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan pada lokus kendali mendekati lokus kendali internal selama dan setelah pemberian intervensi. Masalah penggunan internet game online dilaporkan semakin meningkat setiap tahunnya. Pengguna game online umumnya tidak menyadari berapa lama waktu yang dihabiskan untuk bermain sehingga hal itu memberikan dampak negatif jika tidak terkendali. Lokus kendali dapat membantu individu mengatasi berbagai hal merugikan yang berasal dari luar dirinya. Peningkatan lokus kendali internal dapat membantu individu untuk mereduksi intensitas bermain game online yang berlebihan. Individu menjadi lebih mampu untuk menjalankan keberfungsian diri dalam kehidupannya. Tulisan ini menyajikan hasil penelitian menggunakan desain penelitian kasus tunggal dengan desain A – B – A untuk melihat efektivitas konseling kognitif perilaku untuk meningkatkan lokus kendali siswa. Subjek terdiri dari 3 orang (N=3) siswa yang berada di salah satu Sekolah Menengah Atas yang mengalami tingkat adiksi game online tinggi dan termasuk kategori lokus kendali ekternal. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan pada lokus kendali mendekati lokus kendali internal selama dan setelah pemberian intervensi.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorCucu Arumsari, -NIDN0417049003
Thesis advisorGian Sugiana Sugara, -NIDN0015128701
Additional Information: HARDCOPY-(SKP.BK 0066 )
Uncontrolled Keywords: Lokus Kendali, Adiksi Game Online, Konseling Kognitif Perilaku, Desain Penelitian Kasus Tunggal
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Bimbingan Konseling
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 20 Aug 2021 03:43
Last Modified: 07 Dec 2023 07:06
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/388

Actions (login required)

View Item View Item