PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS MATERI KERAGAMAN BUDAYA INDONESIA KELAS V SDN SUKASENANG - (SKP.PGSD.0052)

Rika Juwita, - (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS MATERI KERAGAMAN BUDAYA INDONESIA KELAS V SDN SUKASENANG - (SKP.PGSD.0052). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
2. ABSTRAK SKRIPSI.pdf

Download (976kB)
[img] Text
4.BAB I.pdf

Download (577kB)
[img] Text
8.BAB V.pdf

Download (491kB)
[img] Text
9.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (494kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative script terhadap hasil belajar IPS pada materi Keberagaman budaya Indonesia kelas V SDN Sukasenang. Adapun yang menjadi latar belakang penelitian ini yaitu siswa menganggap bahwa pelajaran IPS adalah pelajaran kurang disenangi, ini terjadi karena banyak hal yang mempengaruhi kondisi tersebut. Kondisi yang mempengaruhi hal tersebut terjadi antara lain karena kondisi materi IPS, kondisi guru, dan kondisi siswa. Jika ditinjau dari materi IPS, 80% hapalan yang membuat siswa menjadi kesulitan dalam menghapalkan materi sehingga membuat prestasi belajar pun rendah bahkan sebanyak 18 siswa atau 56,25% belum mencapai KKM yang ditetapkan yaitu 70,00. Sedangkan siswa yang sudah mencapai KKM sebanyak 14 Siswa atau 43.75%. Metode yang digunakan dalam penelitian kuantitatif ini adalah quasi experimental design dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Sukasenang yang berjumlah 32 orang. Teknik sampelnya dengan random sampling, dimana siswa tersebut dibagi dua kelompok secara acak, 16 orang sebagai kelas eksperimen (dengan cooperative script) dan 16 orang sebagai kelas kontrol (model konvensional). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes (pretest dan posttest), wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan aplikasi SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh prestasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran cooperative script terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas V SDN Sukasenang Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian bahwa prestasi belajar siswa kelas eksperimen bernilai rata-rata sebesar 83,12 dan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata sebesar 74,06. Terdapat perbedaan yang signifikan sebesar antara kelas yang diberi perlakuan model pembelajaran cooperative script dan yang tidak diberi perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai sig(2-tailed) sebesar 0,034 lebih kecil dari 0,05 (0,034 < 0,05) hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara prestasi belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorMeiliana Nurfitriani, -NIDN0405058903
Thesis advisorsunanih, -NIDN2114087301
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Cooperative Script, Prestasi Belajar IPS.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 29 Jun 2021 08:47
Last Modified: 22 May 2023 01:18
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/344

Actions (login required)

View Item View Item