PEMEROLEHAN BAHASA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS KELAS I DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) IDRISIYYAH TAMANSARI - (SKP.PGSD.0042)

Leni Rahmania, - (2020) PEMEROLEHAN BAHASA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS KELAS I DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) IDRISIYYAH TAMANSARI - (SKP.PGSD.0042). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (412kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (538kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (520kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (693kB)

Abstract

Pemerolehan bahasa anak itu memperoleh rangsangan (stimulus) saja, lalu ia mengadakan respons tetapi setiap orang dilengkapi sejak lahir dengan seperangkat peralatan yang memungkinkan memperoleh bahasa pertama disebut sebagai peralatan perolehan bahasa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemerolehan bahasa Anak Berkebutuhan Khusus Kelas I di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Idrisiyyah Tamansari, Kota Tasikmalaya Jawa Barat, khususnya pemerolehan sintaksis. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian pada anak berkebutuhan khusus berdiagnosa autis ringan. Teknik dan instrumen penelitian data yang digunakan dalam peneliti adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data-data yang diperoleh kemudian dianalisis, data disajikan dengan menarik kesimpulan mengenai pemaknaan data yang telah terkumpul. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini, uji validitas yang digunakan adalah validitas internal dengan triangulasi yang diambil melalui sumber apa yang dikatakan oleh subyek dapat dipercaya; metode untuk membandingkan data hasil pengamatan, data wawancara dengan isi data; dan menggunakan bahan referensi sebagai alat pendukung untuk membuktikan data. Waktu penelitian diambil selama tiga puluh hari. Simpulan secara umum pemerolehan bahasa sintaksis hasil penelitian menunjukan bahwa bentuk kemampuan pemerolehan bahasa sintaksis melalui beberapa komponen yaitu (1) pemerolehan kalimat, (2) pemerolehan klausa, (3) pemerolehan frasa, dan (4) pemerolehan kata. Peneliti menemukan proses pememrolehan bahasa sintaksis diantaranya adalah pertama pemerolehan kalimat terbagi menjadi dua yaitu kalimat tunggal dan majemuk. Pemerolehan kalimat Syafiq sudah mampu memperoleh pada kalimat tunggal, meskipun terdapat kesalahan sedangkan pemerolehan kalimat majemuk masih belum mampu mengucapkannya karena kalimat majemuk termasuk kalimat panjang terdapat dua klausa. Kedua pemerolehan klausa sering muncul pada kata verba, nomina dan bilangan. Ketiga pemerolehan frasa dapat diklasifikasikan berdasarkan sifatnya dan berdasarkan distribusi. Pemerolehan bahasa frasa berdasarkan sifatnya mampu mengucapkannamun kata frasanya masih ada yang terbalik dan berdasarkan distribusi masih minim dalam pemerolehan frasanya. Keempat pemerolehan kata yang sering muncul yaitu kata nomina mengacu pada manusia dan benda.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorBudi Hendrawan, -NIDN0421068603
Thesis advisorAnggia Suci Pratiwi, -NIDN0023018703
Uncontrolled Keywords: Anak Berkebutuhan Khusus, Pemerolehan Bahasa, Sintaksis.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 29 Jun 2021 06:00
Last Modified: 25 May 2023 08:13
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/336

Actions (login required)

View Item View Item