Agung Nugraha Taswin, - (2023) HUBUNGAN HEALTH BELIEF MODEL (HBM) DENGAN MANAJEMEN PERILAKU PENDERITA HIPERTENSI DI PUSKESMAS CILEMBANG KOTA TASIKMALAY A TAHUN 2023. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.
Text
Agung Nugraha Taswin - COVER.pdf Download (33kB) |
|
Text
Agung Nugraha Taswin - ABSTRAK.pdf Download (846kB) |
|
Text
Agung Nugraha Taswin - BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
Agung Nugraha Taswin - BAB VII.pdf Download (847kB) |
|
Text
Agung Nugraha Taswin - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (972kB) |
Abstract
Hipertensi sebagai penyakit tidak menular sebagai penyebab utama kesakitan dan kematian. Upaya pencegahan dan penanggulangan hipertensi yiatu dengan manajemen hipertensi seperti melakukan perubahan perilaku hidup sehat. Salah satu pendekatan perilaku adalah adanya keyakinan dalam melakukan pencegahan dan respon terhadap penyakit/ Health Belief Model (HBM). Puskesmas Cilembang memiliki angka kejadian hipertensi cukup tinggi, pada periode Januari-Februari tahun 2023 sebesar 914 kasus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Health Belief Model (HBM) dengan manajemen perilaku penderita hipertensi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif korelasi. Sampel sebanyak 93 orang diperoleh dengan teknik proportional random sampling. Proses pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan distribusi frekuensi dan uji chi square. Hasil menunjukkan persepsi Health Belief Model (HBM) kerentanan sebagian besar memiliki persepsi negatif (52,7%), persepsi keseriusan sebagian besar termasuk negatif (58,1%), persepsi motivasi motivasi sebagian besar termasuk negatif (53,8%), persepsi manfaat sebagian besar termasuk positif (59,1%), persepsi rintangan sebagian besar termasuk negatif (51,5%) dan persepsi Cues to Action sebagian besar termasuk positif (51,6%). Perilaku manajemen penderita hipertensi di Puskesmas Cilembang Kota Tasikmalaya Tahun 2023 termasuk baik (57,0%). Ada hubungan Health Belief Model (HBM) dengan manajemen perilaku penderita hipertensi. Artinya responden yang memiliki persepsi kerentanan, keseriusan, manfaat, hambatan, motivasi, cues to action dengan positif, maka akan meningkatkan perilaku manajemen yang baik. Oleh karena itu, perawat sebaiknya dapat meningkatkan asuhan keparawatan dengan memberikan pendidikan kesehatan cara perawatan hipertensi untuk meningkatkan perilaku HBM.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Additional Information: | Hardcopy: SKP 1391 | ||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Hipertensi, HBM, Manajemen hipertensi | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan | ||||||||||||
Depositing User: | Tsani Karimah | ||||||||||||
Date Deposited: | 26 Dec 2024 04:17 | ||||||||||||
Last Modified: | 26 Dec 2024 04:17 | ||||||||||||
URI: | http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/2339 |
Actions (login required)
View Item |