PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LAYANG-LAYANG BILANGAN BERBANTUAN ADOBE FLASH CS6 PADA KONSEP NILAI TEMPAT BILANGAN DI SDN 2 SINGAPARNA - SKP.PGSD 0008

Siti Komariah Nurlela, - (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LAYANG-LAYANG BILANGAN BERBANTUAN ADOBE FLASH CS6 PADA KONSEP NILAI TEMPAT BILANGAN DI SDN 2 SINGAPARNA - SKP.PGSD 0008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
ABSTRAK SITI.pdf

Download (427kB)
[img] Text
BAB I SITI.pdf

Download (515kB)
[img] Text
BAB V SITI.pdf

Download (498kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SITI.pdf

Download (598kB)

Abstract

Pembelajaran matematika di kelas II SDN 2 Singaparna terdapat beberapa hambatan dalam pembelajaran materi konsep nilai tempat bilangan. Hambatan tersebut yaitu ketika guru mengajarkan nilai konsep tempat bilangan, siswa kurang memahami materi tersebut sehingga guru harus menjelaskan secara berulang-ulang terutama bagi siswa yang mengalami kesulitan belajar. Nilai rata-rata keseluruhan siswa dari 32 orang yaitu mencapai 75,75, dan guru mengalami hambatan dan keterbatasan dalam membuat media pembelajaran yang betul-betul cocok dan sesuai dengan materi yang akan diajarkan. Saat ini guru dalam mengajarkan materi tersebut hanya menggunakan media pembelajaran seadanya dengan cara memanfaatkan benda-benda yang ada di lingkungan sekitar. Respon siswa dalam pembelajaran ada yang aktif ada juga yang masih belum aktif karena tidak mengerti walaupun dalam pembelajaran menggunakan media. Permasalahan tersebut apabila tidak secepatnya teratasi akan berdampak pada prestasi belajar siswa dan menghambat pada materi pembelajaran selanjutnya seperti pada materi operasi penjumlahan dan pengurangan. Dengan mengembangkan media pembelajaran yang menarik bagi siswa, dapat membuat siswa menjadi lebih aktif, dan menyenangkan dalam pembelajaran. Media pembelajaran layang-layang bilangan juga dapat membantu siswa agar lebih mudah memahami materi konsep nilai tempat bilangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji efektivitas media pembelajaran layang-layang bilangan berbantuan adobe flash cs6 pada konsep nilai tempat bilangan di SDN 2 Singaparna. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode pengembangan dengan desain penelitian pengembangan atau R&D (Research and Development). Penelitian ini dilaksanakan di SDN 2 Singaparna Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya pada siswa kelas II sebanyak 32 orang. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan pretest-posttest. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan statistik deskriptif. Hasil pengembangan media pembelajaran layang-layang bilangan berbantuan adobe flash cs6 pada konsep nilai tempat bilangan ini sudah memenuhi kriteria valid. Hasil validasi ahli materi mencapai tingkat kevalidan 4,66 dengan kategori sangat baik. Hasil validasi ahli media mencapai tingkat kevalidan 4,73 dengan kategori sangat baik. Hasil validasi guru mencapai tingkat kevalidan 4,83 dengan kategori sangat baik. Uji coba produk yaitu meliputi uji coba satu-satu mendapatkan hasil skor rata-rata 4,8 dengan kategori sangat baik dan uji kelompok kecil mendapat skor rata-rata 4,65 dengan kategori sangat baik. Hasil uji coba kelompok besar dalam penerapan pembelajaran di kelas, hasil pretest siswa mendapatkan nilai 59,44 dan hasil posttest mendapatkan nilai 86,48. Berdasarkan hasil analisis menggunakan statistik uji paired sampel t-test menghasilkan thitung 18,417 dan ttabel 2,056 yang artinya thitung > ttabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran layang-layang bilangan berbantuan adobe flash cs6 pada konsep nilai tempat bilangan di SDN 2 Singaparna.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorAnggia Suci Pratiwi, -NIDN0023018703
Thesis advisorRahmat Permana, -NIDN0429018902
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Media Pembelajaran Layang-layang Bilangan Berbantuan Adobe Flash CS6, Konsep Nilai Tempat Bilangan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 23 Mar 2021 17:44
Last Modified: 25 May 2023 06:29
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/229

Actions (login required)

View Item View Item