PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MARKET PLACE ACTIVITY TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS V DI SDN 3 PICUNGREMUK - (SKP.PGSD 0022)

Novi, - (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MARKET PLACE ACTIVITY TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS V DI SDN 3 PICUNGREMUK - (SKP.PGSD 0022). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
ABSTRAK NOVI.pdf

Download (491kB)
[img] Text
BAB I NOVI.pdf

Download (641kB)
[img] Text
BAB V NOVI.pdf

Download (497kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (572kB)

Abstract

Kurangnya pemahaman siswa terhadap pembelajaran matematika menjadi salah satu faktor penyebab rendahnya prestasi siswa, terutama pada materi bangun ruang. Sehingga perlu adanya langkah untuk mengatasi hal tersebut. oleh karena itu peneliti menerapkan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe market place activity dan bagaimana pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe market place activity terhadap prestasi belajar siswa pada materi bangun ruang kelas V di SDN 3 Picungremuk. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, metode penelitian menggunakan quasi experimen dengan desain pre-test post-test control group, sebagaimana mengacu pada pendapat Sugiono (2013). Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas V sekolah dasar SDN 3 Picungremuk yang berjumlah 60 orang. Dari 2 kelas yang ada, dipilih kelas VB sebagai kelas eksperimen dan kelas VA sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa tes, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan instrumen pre-test dan post-test untuk mengukur prestasi belajar siswa. Hasil analisis data dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada materi bangun ruang yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe market place activity, ditandai dengan adanya perbedaan nilai ratarata post-test kelas kontrol dan nilai rata-rata post-test kelas eksperimen. Yaitu 71,67 dan 82,8. Hasil uji hipotesis dalam penelitian ini menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang memiliki makna bahwa H1 (Hipotesis Alternatif) diterima dan H0 (Hipotesis Nol) ditolak. Artinya bahwa Model pembelajaran kooperatif tipe market place activity berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa pada pembelajaran matematika materi bangun ruang kelas V.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorSunanih, -NIDN2114087301
Thesis advisorYopa Taufik Saleh, -NIDN0423068704
Uncontrolled Keywords: Model, Market Place Activity, Pembelajaran Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 22 Mar 2021 11:36
Last Modified: 25 May 2023 06:21
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/219

Actions (login required)

View Item View Item