Yusril Ihza Mahendra, - (2024) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PADA MATERI MENGGUNAKAN MENU DAN IKON PADA MICROSOFT WORD BERBASIS WEBSITE CBT KELAS X DI SMA NEGERI 2 BANJAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.
Text
Yusril Ihza - COVER.pdf Download (118kB) |
|
Text
Yusril Ihza - ABSTRAK.pdf Download (815kB) |
|
Text
Yusril Ihza - BAB I.pdf Download (945kB) |
|
Text
Yusril Ihza - BAB V.pdf Download (817kB) |
|
Text
Yusril Ihza - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (938kB) |
Abstract
Instrumen penilaian adalah sebuah alat yang dipergunakan guna menguji hasil pembelajaran yang dilakukan siswa. Pada mata pelajaran informatika elemen TIK, instrumen penilaian yang digunakan masih kurang memperhatikan kelayakan butir soal. Hal ini disebabkan karena instrumen penilaian tersebut masih menggunakan soal-soal yang tersedia pada buku pegangan dan penunjang lainnya tanpa melalui proses pengukuran tingkat kelayakan. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian yang layak digunakan dengan mengukur tingkat kelayakan pada materi menggunakan menu dan ikon pada Microsoft word berbasis website CBT kelas X di SMA Negeri 2 Banjar. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen penilaian yang dikembangkan layak digunakan, berdasarkan perolehan penilaian angket ahli materi dan bahasa yang masuk kategori sangat baik, serta hasil pengukuran tingkat kelayakan yang masuk kategori sangat kuat, tinggi, sedang, baik, baik sekali, dan sangat baik. Secara lebih rinci, hasil penilaian angket ahli materi dan ahli bahasa adalah sebagai berikut: Hasil validasi ahli materi yang diisi oleh dosen diperoleh skor sebesar 45, dan hasil validasi ahli materi yang diisi oleh guru diperoleh skor sebesar 47. Keduanya masuk kategori sangat baik. Hasil validasi ahli bahasa diperoleh skor sebesar 35, yang juga masuk kategori sangat baik. Hasil pengukuran tingkat kelayakan instrumen penilaian adalah sebagai berikut: Validitas: 30 butir soal memperoleh nilai 0,81, yang masuk kategori sangat kuat. Reliabilitas: 30 butir soal memperoleh nilai 0,89, yang masuk kategori tinggi. Tingkat kesukaran: 30 soal memperoleh presentase sebesar (100%) yang masuk kategori sedang. Daya pembeda: 1 (3,33%) butir soal masuk kategori jelek, 22 (73,33%) butir soal masuk kategori baik, dan 7 (23,33%) butir soal masuk kategori baik sekali. Pengecoh: 29 (97%) butir soal masuk kategori sangat baik, dan 1 (3%) butir soal masuk kategori tidak baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian yang dikembangkan layak untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Hardcopy: SKP.PTI 0032 | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Instrumen Penilaian, Website CBT, 4D | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Teknik Informasi | |||||||||
Depositing User: | Tsani Karimah | |||||||||
Date Deposited: | 07 Nov 2024 04:33 | |||||||||
Last Modified: | 07 Nov 2024 04:33 | |||||||||
URI: | http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/2186 |
Actions (login required)
View Item |