PENGEMBANGAN MEDIA POP UP COMIC BOOK UNTUK KEMAMPUAN MEMBACA CERITA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II DI SDN CONDONG

Tetin Suartini, - (2024) PENGEMBANGAN MEDIA POP UP COMIC BOOK UNTUK KEMAMPUAN MEMBACA CERITA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II DI SDN CONDONG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
Tetin Suartini - COVER.pdf

Download (56kB)
[img] Text
Tetin Suartini - ABSTRAK.pdf

Download (838kB)
[img] Text
Tetin Suartini - BAB I.pdf

Download (866kB)
[img] Text
Tetin Suartini - BAB V.pdf

Download (775kB)
[img] Text
Tetin Suartini - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (901kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang berlatar belakang adanya masalah terkait dengan kemampuan membaca dan media pembelajaran. Masalah yang dihadapi adalah kurangnya membaca, kemampuan membaca siswa masih rendah, dan media pembelajaran di sekolah masih kurang mendukung. Oleh karena itu, perlu adanya pengembangan media pembelajaran penelitian pengembangan cerita Pop Up Comic Book. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan produk berupa Pop Up Comic Book yang berjudul “Kebersamaan” dan menguji keefektifan media tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D (Research and Development) dengan desain penelitian yang dikemukakan oleh Brog and Gall yaitu 10 tahap. Dari 10 tahap, peneliti hanya menggunakan tujuh tahap yaitu (1) tahap analisis masalah, (2) tahap pengumpulan data, (3) tahap desain produk, (4) tahap validasi desain, (5) tahap revisi desain, (6) tahap ujicoba produk/ujicoba awal, (7) tahap revisi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah daftar pertanyaan wawancara dan angket. Wawancara digunakan untuk menganalisis kebutuhan kepada guru kelas II SDN Condong, sedangkan angket digunakan untuk validasi Pop up comic book. Hasil validasi pada media pembelajaran Pop up comic book yang dilakukan oleh dosen ahli Media dengan hasil validasi 3,81 dengan kategori “Sangat Baik”, oleh dosen ahli Materi dengan hasil validasi 4 dengan kategori “Sangat Baik”, dan ahli Bahasa dengan hasil validasi 4 dengan kategori “Sangat Baik”, dengan nilai rata-rata hasil validasi ahli media, ahli materi dan ahli bahasa adalah sebesar 3,93 dengan kategori “Sangat Baik”. Ujicoba kelompok kecil memperoleh skor 23 dengan rata-rata 3,38 dengan kelayakan media “Sangat Baik” dan ujicoba kelompok besar memperoleh skor 46,1 dengan rata-rata 3,84 dengan kelayakan media “Sangat Baik”, sehingga layak digunakan pada tahap ujicoba. Ujicoba dilakukan di SDN Condong dengan jumlah siswa sebanyak 38 siswa dengan hasil skor N-Gain dikelas eksperimen 0,8 atau 80% dengan kategori efektif. Maka dapat disimpulkan bahwa media cerita Pop Up Comic Book efektif digunakan untuk materi membaca cerita kelas II SDN Condong.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorAnggia Suci Pratiwi, -NIDN0023018703
Thesis advisorMeiliana Nurfitriani, -NIDN0405058903
Additional Information: Hardcopy: SKP.PGSD.0144
Uncontrolled Keywords: Media Pop Up Comic Book, Kemampuan Membaca Cerita.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 14 Jun 2024 02:43
Last Modified: 14 Jun 2024 02:43
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/2111

Actions (login required)

View Item View Item