PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PACAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR PADA MATERI PECAHAN SENILAI

Fahmi Ibrahim, - (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PACAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR PADA MATERI PECAHAN SENILAI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
Fahmi Ibrahim - COVER.pdf

Download (29kB)
[img] Text
Fahmi Ibrahim - ABSTRAK.pdf

Download (868kB)
[img] Text
Fahmi Ibrahim - BAB I.pdf

Download (894kB)
[img] Text
Fahmi Ibrahim - BAB V.pdf

Download (872kB)
[img] Text
Fahmi Ibrahim - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (986kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran PACAS untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada materi pecahan senilai. Adapun masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya penggunaan media pembelajaran dari guru pada materi pecahan senilai. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang mengacu pada model Brog & Gall. Penelitian dilakukan dengan Langkah-langkah: potensi dan masalah, mengumpulkan informasi, desain produk, valdasi desain, revisi desain, uji coba lapangan awal, revisi produk, uji coba lapangan utama, revisi produk akhir, pembuatan produk masal. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket. Penilitian ini dilakukan di SDN Kubangsari. Hasil penelitian menunjukkan hasil uji kelayakan ahli media medapat skor 3,81 dalam kategori sangat baik, ahli materi mendapat skor 3,72 dalam kategori sangat baik. Hasil respon siswa yaitu uji kelompok kecil dan besar yang telah dilakukan, bahwa media pembelajaran PACAS dilihat dari aspek hasil belajar, penggunaan dan tampilan siswa pada uji kelompok kecil mendapat skor rata-rata 3,87 mendapat kategori sangat baik dan uji kelompok besar mendapat skor rata-rata 3,67 mendapat kategori sangat baik. Hasil uji efektivitas dilihat dari skor pretest dan posttest. Kemudian dihitung N-Gain dengan hasil 0,76 dalam kategori “tinggi”. Maka dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran PACAS efektif digunakan sebagai media pembelajaran pada materi pecahan senilai kelas IV Sekolah Dasar.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorBudi Hendrawan, -NIDN0421068603
Thesis advisorSunanih, -NIDN2114087301
Additional Information: Hardcopy: SKP.PGSD.0135
Uncontrolled Keywords: Media PACAS (Papan Pecahan Senilai), Hasil Belajar, Materi Pecahan Senilai
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 02 Feb 2024 08:26
Last Modified: 02 Feb 2024 08:26
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/1804

Actions (login required)

View Item View Item