PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU CERITA BERGAMBAR BERBASIS PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP PADA KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN KELAS II SDN BOROSOLE

Mita Topipah, - (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU CERITA BERGAMBAR BERBASIS PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP PADA KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN KELAS II SDN BOROSOLE. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
Mita Topipah - COVER.pdf

Download (34kB)
[img] Text
Mita Topipah - BAB I.pdf

Download (848kB)
[img] Text
Mita Topipah - ABSTRAK.pdf

Download (822kB)
[img] Text
Mita Topipah - BAB V.pdf

Download (799kB)
[img] Text
Mita Topipah - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (867kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang berlatar belakang adanya masalah terkait dengan membaca pemahaman dan media pembelajaran. Masalah yang dihadapi adalah minimnya media pembelajaran yang dapat membantu proses pembelajaran, pendidik hanya menggunakan buku cetak saat pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian pengembangan buku cerita bergambar berbasis pendidikan lingkungan hidup. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan produk berupa buku cerita bergambar yang berjudul “Lingkungan Bersih, Sehat dan Asri” dan menguji keefektifan media tersebut. Metode yang digunakan untuk penetian ini adalah RnD (Research and Development) dengan desain penelitian yang dikemukakan oleh Brog and Gall yaitu 10 tahapan. Dari 10 tahap, peneliti hanya menggunakan tujuh tahap yaitu (1) tahap analisis masalah, (2) tahap pengumpulan data, (3) tahap desain produk, (4) tahap validasi desain, (5) tahap revisi desain, (6) tahap uji coba produk. (7) tahap revisi. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah daftar pertanyaan wawancara dan Angket. Wawancara digunakan untuk menganalisis kebutuhan kepada guru kelas II SDN Borosole, sedangkan angket digunakan untuk validasi buku cerita bergambar. Validasi dilakukan oleh dosen ahli Media, Materi dan Bahasa. Skor rata-rata yang diperoleh dari hasil validasi sebesar 3,84 dengan kategori “Sangat Baik”, sehingga layak digunakan pada tahap ujicoba. Ujicoba dilakukan di SDN Borosole dengan jumlah siswa sebanyak 24 siswa dengan hasil skor N-Gain dikelas eksperimen 0.81 atau 81% dengan kategori efektif. Maka dapat disimpulkan bahwa media buku cerita bergambar berbasis pendidikan lingkungan hidup efektif digunakan pada keterampilan membaca pemahaman kelas II SDN Borosole.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorAnggia Suci Pratiwi, -NIDN0023018703
Thesis advisorBudi Hendrawan, -NIDN0421068603
Additional Information: Hardcopy: SKP.PGSD.0132
Uncontrolled Keywords: Media Buku Cerita Bergambar, Pendidikan Lingkungan Hidup, Keterampilan Membaca Pemahaman.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 02 Feb 2024 07:00
Last Modified: 02 Feb 2024 07:00
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/1801

Actions (login required)

View Item View Item