PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PLAY-TEACH-PLAY BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP KEBUGARAN JASMANI SISWA SEKOLAH DASAR KRLAS VI

Diky Surya Irawan, - (2023) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PLAY-TEACH-PLAY BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP KEBUGARAN JASMANI SISWA SEKOLAH DASAR KRLAS VI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
Diky Surya - COVER.pdf

Download (31kB)
[img] Text
Diky Surya - ABSTRAK.pdf

Download (796kB)
[img] Text
Diky Surya - BAB I.pdf

Download (891kB)
[img] Text
Diky Surya - BAB V.pdf

Download (799kB)
[img] Text
Diky Surya - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (961kB)

Abstract

Kebugaran jasmani merupakan salah satu komponen penting dalam perkembangan anak. tingkat kebugaran siswa di semua jenjang pendidikan belum berada dalam kondisi baik. Metode pembelajaran play-teach-play berbasis permainan tradisional dapat diterapkan sebagai alternatif pengembangan kebugaran jasmani anak siswa sekolah dasar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh dan efektivitas dari penggunaan metode pembelajaran play-teach-play berbasis permainan tradisional terhadap kebugaran jasmani siswa kelas VI SDN 2 Parumasan. Jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu desain nonequivalent control group design. Dengan membagi dua kelompok eksperimen dan kontrol. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VI SDN 2 Parumasan dengan sampel sebanyak 24 siswa. Adapun instrumen penilaian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen tes kebugaran jasmani Indonesia (TKJI) guna untuk mengukur tingkat kebugaran jasmani siswa. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa pada hasil penelitian ini diperoleh perhitungan hasil pada tabel independent sample t-test pada posttest kelompok eksperimen dan posttest pada kelompok kontrol diperoleh sig (2-tailed) sebesar 0,000. Pengambilan keputusan dari hasil tersebut adalah Ho diterima jika sig (2tailed) > 0,05. Karena nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000, berarti 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dengan kata lain Ha diterima. Selain itu, hasil uji N-Gain menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara kelompok eksperimen sebesar 0,4 dan kelompok kontrol sebesar 0,1. Rata-rata hasil tes kebugaran jasmani pada kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan terdapat pengaruh metode pembelajaran play-teach-play berbasis permainan tradisional terhadap kebugaran jasmani dan juga efektif digunakan untuk siswa sekolah dasar kelas VI SDN 2 Parumasan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorRahmat Permana, -NIDN0429018902
Thesis advisorBudi Hendrawan, -NIDN0421068603
Additional Information: Hardcopy: SKP.PGSD.0113
Uncontrolled Keywords: Metode Play-Teach-Play, TKJI, Permainan Tradisional, Kebugaran Jasmani, SD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 24 Jan 2024 07:55
Last Modified: 24 Jan 2024 07:55
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/1782

Actions (login required)

View Item View Item