PENGARUH MEDIA SMART POCKET DAN KARTU SOAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PPKN KELAS IV SDN 2 PENGADILAN

Ade Rahayu, - (2023) PENGARUH MEDIA SMART POCKET DAN KARTU SOAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PPKN KELAS IV SDN 2 PENGADILAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
Ade Rahayu - COVER.pdf

Download (197kB)
[img] Text
Ade Rahayu - ABSTRAK.pdf

Download (930kB)
[img] Text
Ade Rahayu - BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ade Rahayu - BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ade Rahayu - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan di lapangan mengenai hasil belajar peserta didik yang rendah pada pembelajaran PPKn dan kurangnya penggunaan media saat kegiatan pembelajaran sehingga pembelajaran terkesan membosankan karena yang terjadi hanyalah pemberian informasi tanpa adanya keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh media smart pocket dan kartu soal terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran PPKn kelas IV SDN 2 Pengadilan. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan Quasi Experimental Design dan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi yang digunakan yaitu seluruh peserta didik kelas IV SDN 2 Pengadilan berjumlah 78 orang. Sampel yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 52 orang, terdiri dari 26 orang kelas IV A dan 26 orang kelas IV B dengan teknik purposive sampling. Teknik ini dipilih karena peneliti ingin memberikan kesempatan kepada kelas yang nilainya masih kurang dari Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu IV B sebagai kelas eksperimen dan kelas IV A sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, serta pemberian tes berupa pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas menggunakan KolmogoroveSmirnov dan uji homogenitas menggunakan uji Levene, uji hipotesis, dan uji gain. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa media smart pocket dan kartu soal memiliki pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran PPKn kelas IV SDN 2 Pengadilan. Hal ini terlihat dari perbedaan hasil rata-rata pretest dan posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diperoleh skor rata-rata pretest sebesar 55,38 dan skor posttest sebesar 72,12, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh skor rata-rata pretest sebesar 46,15 dan skor posttest sebesar 60,77. Uji hipotesis menggunakan rumus Independent Sample T-Test mendapatkan nilai sig (2-tailed) yaitu 0,012 < 0,05 ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media smart pocket dan kartu soal terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran PPKn kelas IV SDN 2 Pengadilan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorYopa Taufik Saleh, -NIDN0423068704
Thesis advisorRahmat Permana, -NIDN0429018902
Additional Information: Hardcopy: SKP.PGSD.0111
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Media Smart Pocket dan Kartu Soal, Hasil Belajar Peserta Didik
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 24 Jan 2024 02:38
Last Modified: 24 Jan 2024 02:38
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/1780

Actions (login required)

View Item View Item