PENGEMBANGAN MEDIA METARIKA PADA MATERI PECAHAN KELAS III UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Mustika Fauziah, - (2023) PENGEMBANGAN MEDIA METARIKA PADA MATERI PECAHAN KELAS III UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
Mustika Fauziah - COVER.pdf

Download (161kB)
[img] Text
Mustika Fauziah - ABSTRAK.pdf

Download (872kB)
[img] Text
Mustika Fauziah - BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Mustika Fauziah - BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Mustika Fauziah - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan dari kurangnya pemahaman siswa mengenai pelajaran matematika materi konsep penjumlahan pecahan serta minimnya penggunaan media pembelajaran sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi sehingga berakibat rendahnya hasil belajar siswa dibuktikan dengan nilai siswa kurang dari KKM. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan produk berupa media pembelajaran METARIKA (Mesin Pintar Matematika) yang dapat menyelesaikan masalah beberapa permasalahan yang tersebut. Metode yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D) dengan 10 tahapan yang dikemukakan oleh Borg & Gall. Penelitian ini dilakukan di SDN I Cibatu pada siswa kelas III dengan jumlah 31 siswa dengan menggunakan teknik analisis data statistik deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan angket yang diberikan kepada para ahli serta angket respon siswa dan tes. Hasil pengembangan pada penelitian ini berupa produk media pembelajaran METARIKA. Adapun hasil validasi ahli media sebesar 95%, validasi ahli materi (ahli matematika) 89%, validasi ahli materi (guru) 100% dan validasi ahli praktisi pembelajaran 100% dengan hasil kategori “sangat layak”, dilanjutkan dengan uji coba lapangan kelompok kecil (5 orang) dan besar (11 orang) sebesar 94% dan 97% dengan kategori “sangat layak”. Selanjutnya pada tahap uji efektivitas memperoleh rata-rata skor N-Gain 0,87 kategori “tinggi” dengan persentase 87% kategori tafsiran “efektif”. Maka dapat disimpulkan bahwa media METARIKA dinyatakan layak dan efektif dipergunakan dalam pembelajaran matematika materi penjumlahan pecahan berpenyebut sama dan penjumlahan pecahan berbeda penyebut serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III sekolah dasar.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorBudi Hendrawan, -NIDN0421068603
Thesis advisorRahmat Permana, -NIDN0429018902
Additional Information: Hardcopy: SKP.PGSD.0110
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran METARIKA, Materi Penjumlahan Pecahan, Hasil Belajar Siswa.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 24 Jan 2024 01:54
Last Modified: 24 Jan 2024 01:54
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/1779

Actions (login required)

View Item View Item