PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN KONSEP GAMIFIKASI DETEKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI PERUBAHAN ENERGI KELAS IV DI SDN 2 BENDA

Dinar Makiyah, - (2023) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN KONSEP GAMIFIKASI DETEKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI PERUBAHAN ENERGI KELAS IV DI SDN 2 BENDA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
Dinar Makiyah - COVER.pdf

Download (74kB)
[img] Text
Dinar Makiyah - ABSTRAK.pdf

Download (868kB)
[img] Text
Dinar Makiyah - BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Dinar Makiyah - BAB V.pdf

Download (870kB)
[img] Text
Dinar Makiyah - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (873kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di SDN 2 Benda, menunjukkan bahwa dalam proses pembelajarannya bersifat teacher centered (ceramah, penugasan, pengerjaan soal) sehingga hasil belajar siswa banyak yang dibawah rata-rata dilihat dari nilai PTS khususnya pada mata pelajaran IPA kelas IV. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model project based learning berbantuan konsep gamifikasi detektif terhadap hasil belajar pada materi perubahan energi kelas IV di SDN 2 Benda. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV berjumlah 40 orang yang seluruhnya dijadikan sebagai sampel (sampel jenuh). Dengan kelas IV A sebagai kelas kontrol dan IV B sebagai kelas eksperimen. Instrumen dalam penelitian ini yaitu soal pretest dan posttest pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan uji mann u whitney. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dari data penelitian diperoleh hasil uji hipotesis menggunakan uji mann u whitney diperoleh Asym.Sig(2tailed) 0,000<0,05 maka ditolak dan diterima. Dari hasil uji statistik juga diperoleh U hitung < U tabel maka Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa model project based learning berbantuan konsep gamifikasi detektif berpengaruh terhadap hasil belajar pada materi perubahan energi kelas IV di SDN 2 Benda.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorRahmat Permana, -NIDN0429018902
Thesis advisorBudi Hendrawan, -NIDN0421068603
Additional Information: Hardcopy: SKP.PGSD.0108
Uncontrolled Keywords: project based learning, hasil belajar, materi perubahan energi, konsep gamifikasi detektif.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 23 Jan 2024 08:20
Last Modified: 23 Jan 2024 08:21
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/1777

Actions (login required)

View Item View Item