MODEL-MODEL PENDIDIKAN ANAK DALAM AL-QUR`AN Berdasarkan Kisah Para Nabi, Rasul dan Shalihin

Elfan Fanhas Fatwa Khomaeny, - and Maesaroh Lubis, - (2023) MODEL-MODEL PENDIDIKAN ANAK DALAM AL-QUR`AN Berdasarkan Kisah Para Nabi, Rasul dan Shalihin. Edu Publisher, Kota Tasikmalaya. ISBN 978-623-6187-84-5

[img] Text
1. Model model pendidikan dalam al quran_ready ebook.pdf

Download (2MB)
[img] Text
books_id=SHOvEAAAQBAJ&printsec=frontcover - Published Version

Download (64kB)

Abstract

Buku ini berupaya untuk memahami norma dan nilai tentang pendidikan anak yang digali dari kisah para nabi, rasul dan orang shaleh yang dikisahkan dalam Al-Qur`an, sehingga dapat diaplikasikan dalam kehidupan baik pada institusi formal, informal maupun nonformal. Dalam sebuah kisah Al-Qur`an terdapat ibrah bagi manusia, secara normatif akan cocok pada setiap zaman dan tempat (muttabiqun auw shalihun likulli zaman wal makan), tetapi secara aplikasi tentu akan menyesuaikan peradaban yang berlaku. Oleh karenanya, penulis berharap model-model pendidikan anak dalam Al-Qur`an ini dapat terus dikaji dan dikembangkan oleh akademisi maupun praktisi sehingga menjadi aplikatif. Buku ini menyajikan bahasan tentang filsafat pendidikan anak, pendidikan anak dalam perspektif filsuf barat dan timur, tipologi anak dalam Al-Qur`an, anak sebagai amanah, kemuliaan adalah buah dari amanah, model pendidikan keluarga Nabi Ibrahim, keluarga Imran, Lukman, Nabi Zakaria, Nabi Nuh, Nabi Ya`kub dan Nabi Dawud. Penulis menyadari bahwa buku ini masih jauh dari kata sempurna, sehingga terus akan ada upaya penyempurnaan seiring bertambahnya wawasan dan pengalaman, serta masukan dan kritik dari pembaca, akhirnya penulis berdoa dan berpasrah diri kepada Allah Swt., semoga buku ini dapat bermanfaat bagi umat dan menjadi amal jariah bagi penulis.

[error in script]
Item Type: Book
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Elfan Fanhas
Date Deposited: 31 Aug 2023 05:01
Last Modified: 31 Aug 2023 05:01
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/1619

Actions (login required)

View Item View Item