PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO DRAWING MENYUSUN KALIMAT MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS II SDN CONDONG - (SKP.PGSD.0099)

Ismail, - (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO DRAWING MENYUSUN KALIMAT MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS II SDN CONDONG - (SKP.PGSD.0099). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
Ismail - COVER.pdf

Download (16kB)
[img] Text
Ismail - ABSTRAK.pdf

Download (803kB)
[img] Text
Ismail - BAB I.pdf

Download (817kB)
[img] Text
Ismail - BAB V.pdf

Download (805kB)
[img] Text
Ismail - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (927kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui hasil pengembangan Media Pembelajaran Video Drawing pada materi Menyusun Kalimat Metode yang digunakan adalah metode Research and Development dengan model 4D/4P (Pendefinisian, Perancangan, Pengembangan, dan Penyebaran). Subjek penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Condong pada siswa kelas II dengan jumlah 49 siswa. Pada tahap penentuannya menggunakan teknik Probability Sampling dengan type teknik Simple Random Sampling. Guna mengetahui kelayakan dan kualitas produk/media maka dilakukan tahap validasi dan uji pengembangan. Berdasarkan hasil penilaian pada angket validasi dari ahli media, ahli materi, ahli bahasa, dan guru diperoleh hasil dengan kriteria kelayakan produk (media) Sangat Baik (sangat layak). Sementara itu, penilaian pada angket uji pengembangan dari respon siswa melalui uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar diperoleh hasil dengan kriteria kualitas produk (media) Sangat Baik (sangat layak). Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar tes/soal berupa tes hasil belajar secara tertulis (Pre Test dan Post Test) dengan teknik analisis data statistik deskriptif. Berdasarkan hasil uji penelitian di SD Negeri Condong pada kelas eksperimen dengan berbantuan menggunakan media pembelajaran video Drawing (episode 1 dan episode 2) telah mengalami kenaikan atau memenuhi dan melampaui dari KKM 75 dengan perolehan nilai rata-rata 94% atau kategori Efektif. Sehingga dengan ini media pembelajaran video Drawing dapat dikatakan layak digunakan untuk guru maupun siswa sebagai alat bantu menyampaikan serta memahami materi Menyusun Kalimat kelas II sekolah dasar khususnya di SD Negeri 1 Condong

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorMohammad Fahmi Nugraha, -NIDN0017039001
Thesis advisorBudi Hendrawan, -NIDN0421068603
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Video Drawing, Materi Menyusun Kalimat, Hasil Belajar Siswa
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 03 May 2023 02:03
Last Modified: 03 May 2023 02:03
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/1320

Actions (login required)

View Item View Item