Masā’il al-Muhtadī li Ikhwān al-Mubtadī: Implikasi Pedagogis Model Pembelajaran Tarekat dalam Praktik Pendidikan

Maesaroh Lubis, - (2015) Masā’il al-Muhtadī li Ikhwān al-Mubtadī: Implikasi Pedagogis Model Pembelajaran Tarekat dalam Praktik Pendidikan. MANUSKRIPTA, 5 (1). pp. 161-186. ISSN 2252-5343, 2355-7605

[img] Text
Jurnal Manuskrifta MAESAROH LUBIS.pdf

Download (3MB)

Abstract

Masā’il al-Muhtadī li Ikhwān al-Mubtadī adalah teks monumental abad ke-16 karya Shaikh Daud bin Ismail bin Mustafa Rumî, dikenal dengan Baba Dawud. Artikel ini menguraikan pemikiran-pemikiran penting Baba Dawud tentang neosufisme yang didapatkan dari gurunya, Abd. Rauf As-Sinkili. Baba Dawud ingin memperkenalkan citra ajaran tarekat yang dapat dipertanggungjawabkan karena dibangun di atas pondasi kokoh syariat. Ditengah kehadiran paham wujūdīyah yang dianggap kontroversial, Masā’il al-Muhtadī menawarkan tarekat sebagai media pembelajaran alternatif dalam memahami Islam. Baba Dawud menganggap bahwa kesempurnaan hidup akan didapatkan setelah seorang mubtadī mengawali pemahaman keislamannya melalui tahap syariat dan memantapkannya dalam kegiatan tarekat. Pemahaman ini membuat Masā’il al-Muhtadī memiliki kedudukan penting dalam konteks pendidikan Islam di dunia Melayu. Masā’il al-Muhtadī merupakan living manuscript yang banyak disalin dan dikaji di lembaga-lembaga pendidikan Islam di Indonesia dan Asia Tenggara.

[error in script]
Item Type: Article
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
AuthorMaesaroh Lubis, -NIDN0401057102
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Karya Dosen
Depositing User: Maesaroh Lubis
Date Deposited: 25 Feb 2023 01:50
Last Modified: 24 May 2023 06:19
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/1231

Actions (login required)

View Item View Item