PENGARUH PENGGUNAAN GAME KESEHATAN REPRODUKSI (KEPO) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP LIMA DIMENSI KEPUASAN PADA REMAJA PEREMPUAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS UJUNGBERUNG KOTA BANDUNG

Sri Susilawati, - (2017) PENGARUH PENGGUNAAN GAME KESEHATAN REPRODUKSI (KEPO) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP LIMA DIMENSI KEPUASAN PADA REMAJA PEREMPUAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS UJUNGBERUNG KOTA BANDUNG. TESIS thesis, Universitas Padjadjaran.

[img] Text
Sri Susilawati - COVER.pdf

Download (14kB)
[img] Text
Sri Susilawati - ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Sri Susilawati - BAB I.pdf

Download (900kB)
[img] Text
Sri Susilawati - BAB V.pdf

Download (837kB)
[img] Text
Sri Susilawati - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (876kB)

Abstract

Kesehatan reproduksi remaja merupakan masalah utama yang harus diperhatikan. Pengetahuan remaja mengenai kesehatan reproduksi dapat dipengaruhi oleh informasi dari guru, penyuluhan dari Puskesmas, dan media sosial lainnya. Kenyataan di lapangan pemberian informasi yang diberikan belum sesuai dengan kebutuhan remaja, sehingga untuk mengatasi ketidakpuasan remaja, diperlukan strategi alternatif yaitu Game Kesehatan Reproduksi (KEPO) sebagai media pembelajaran dengan menggunakan smartphone android. Tujuan penelitian untuk menganalisis pengaruh penggunaan game Kesehatan Reproduksi (KEPO) sebagai media pembelajaran terhadap lima dimensi kepuasan pada remaja perempuan di wilayah kerja Puskesmas Ujungberung Kota Bandung. Metode penelitian menggunakan Quasi Eksperiment, rancangan penelitian pre test-post test with control group design. Subjek penelitian adalah siswa perempuan usia 12-15 tahun di SMPN kota Bandung sebanyak 64 responden, terbagi kedalam dua kelompok yaitu kelompok perlakuan menggunakan game Kesehatan Reproduksi (KEPO) sebanyak 32 orang di SMPN 50 Bandung, dan kelompok kontrol yang menerima penyuluhan dari Puskesmas Ujungberung sebanyak 32 orang di SMPN 8 Bandung. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan persentase peningkatan nilai rerata kepuasan pada kedua kelompok pada setiap variabel kepuasan. Kelompok perlakuan yaitu konten 14,6%, tampilan 23,6%, akurasi 11,4%, kemudahan 12,4%, ketepatan 17%. Sedangkan kelompok kontrol konten 5%, tampilan 3%, akurasi 4,3%, kemudahan 2,8%, ketepatan 4,7% dengan nilai p untuk masingmasing indikator sebesar p<0,05 untuk kelompok intervensi dan p>0,05 untuk kelompok kontrol. Secara keseluruhan diketahui kepuasan remaja dari kelima aspek kepuasan dalam menggunakan game Kesehatan Reproduksi (KEPO) memiliki perbedaan yang bermakna p<0,05, dengan persentase Puas 84%. Simpulan pada penelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaan game Kesehatan Reproduksi (KEPO) sebagai media pembelajaran terhadap lima dimensi kepuasan pada remaja perempuan di wilayah kerja Puskesmas Ujungberung Kota Bandung.

[error in script]
Item Type: Thesis (TESIS)
Uncontrolled Keywords: Game KEPO, Media Pembelajaran, Kepuasan.
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Karya Dosen
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 01 Dec 2022 08:36
Last Modified: 02 May 2023 04:36
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/1144

Actions (login required)

View Item View Item