PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI SERENA BERBASIS ANDROID PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI DEBIT DI KELAS 5 SD - (SKP.PGSD.0084)

Sharah Febrian, - (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI SERENA BERBASIS ANDROID PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI DEBIT DI KELAS 5 SD - (SKP.PGSD.0084). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
Sharah Febrian - COVER.pdf

Download (20kB)
[img] Text
Sharah Febrian - ABSTRAK.pdf

Download (796kB)
[img] Text
Sharah Febrian - BAB I.pdf

Download (838kB)
[img] Text
Sharah Febrian - BAB V.pdf

Download (795kB)
[img] Text
Sharah Febrian - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (817kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan sebuah produk berupa media pembelajaran aplikasi serena berbasis android yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika. Di SDN Karikil, terdapat beberapa permasalahan berupa kurang maksimalnya penggunaan media pembelajaran, sehingga pembelajaran menggunakan metode ceramah yang diakhiri dengan penugasan. Siswa mengalami kesulitan belajar pada materi debit karena terdapat rumus yang digunakan, hal tersebut berpengaruh pada pengerjaan latihan soal atau pemecahan masalah. Dengan demikian, media aplikasi serena dikembangkan untuk menjawab beberapa permasalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan 10 tahapan menurut Borg and Gall. Penelitian dilaksanakan di SDN Karikil pada siswa SD kelas V dengan teknik analisis data statistik deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan teknik wawancara, angket yang diberikan kepada ahli media, ahli materi dan guru serta respon siswa, dan tes. Hasil validasi akhir ahli media yaitu sebesar 98% “Sangat Layak”. Hasil validasi ahli materi yaitu sebesar 92% “Sangat Layak”. Hasil validasi guru yaitu sebesar 100% dengan kategori “Sangat Layak”. Dan hasil validasi praktisi pembelajaran yaitu sebesar 98% “Sangat Layak”. Pada uji coba kelompok kecil mendapatkan skor rata-rata 45,8 atau 91,6% dengan kategori “Sangat Layak” dan pada uji coba kelompok besar mendapatkan skor rata-rata 46 atau 92% dengan kategori kelayakan “Sangat Layak”. Hal ini menunjukan bahwa media aplikasi serena layak dijadikan sebagai media pembelajaran pada matematika. Berdasarkan hasil pretest dan posttest terjadi perubahan yang signifikan. Pada kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata “0,82” atau 82% dengan kategori “tinggi” atau kategori “efektif”, sedangkan kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata “0,24” atau 24% atau kategori “tidak efektif”. Dengan demikian, hasil penelitian yang telah diperoleh menggunakan N-Gain dapat dikatakan bahwa media pembelajaran aplikasi serena berbasis android efektif dan dapat digunakan dalam pelajaran matematika materi debit.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorYopa Taufik Saleh, -NIDN0423068704
Thesis advisorMeliana Nurfitriani, -NIDN0405058903
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Pembelajaran Matematika, Anak SD.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 10 Nov 2022 04:24
Last Modified: 30 May 2023 07:47
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/1124

Actions (login required)

View Item View Item