ANALISIS KUALITAS JARINGAJ 4G LTE DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY OF SERVICE ETSI TR 101 329 V2.1.1 (1999-06)-TIPHON DI KECAMATAN PURBARATU KOTA TASIKMALAYA = (SKP.TE 0014)

Kiki Andika Nugraha, - (2022) ANALISIS KUALITAS JARINGAJ 4G LTE DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY OF SERVICE ETSI TR 101 329 V2.1.1 (1999-06)-TIPHON DI KECAMATAN PURBARATU KOTA TASIKMALAYA = (SKP.TE 0014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
Kiki Andika - ABSTRAK.pdf

Download (915kB)
[img] Text
Kiki Andika - BAB I.pdf

Download (851kB)
[img] Text
Kiki Andika - BAB V.pdf

Download (915kB)
[img] Text
Kiki Andika - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (835kB)

Abstract

Kebutuhan masyarakat Indonesia akan informasi dan komunikasi berkembang pesar dari waktu ke waktu. Saat ini pengguna internet di Indonesia mencapai 202 juta jiwa dan sebagai Negara dengan jumlah pengguna internet terbesar keempat di dunia. Kualitas jaringan yang stabil dan cepat dari provider menjadi keinginan masyarakat, hal ini dimanfaatkan perusahaan telekomunikasi untuk membangun Internet Service Provider (ISP) yang lebih stabil dan cepat menggunakan teknologi 4G LTE. Pada penelitiaan ini akan membahas tentang analisa kualitas jaringan 4G dari provider Telkomsel, Indosat dan XL dengan menggunakan metode Quality of Service (QoS) standar ETSI TR 101 329 V2.1.1 (1999-06)-TIPHON untuk mengetahui sejumlah faktor yang mempengaruhi kualitas jaringan internet 4G LTE. Penilitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan cara observasi lapangan dan pengukuran. Setelah data diperoleh selanjutnya adalah menganalisa data dengan cara mengolah data yang sudah terkumpul kedalam persamaan-persamaan yang ada yaitu standar ETSI TR 101 329 V2.1.1 (1999-06)-TIPHON. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan maka didapatkan hasil nilai indeks Quality of Service pada provider Telkomsel (3,5) dikategorikan “bagus” dengan presentase 87,5%, pada provider Indosat didapatkan nilai indeks Quality of Service (3,5) dikategorikan “bagus” dengan nilai presentase 87,5%, dan pada provider XL didapatkan nilai indeks Quality of Service (3,5) dikategorikan “bagus” dengan nilai presentasae 87,5%. Maka untuk kualitas jaringan 4G LTE pada provider Telkomsel, Indosat dan XL di Kecamatan Purbaratu bisa dikatakan bagus.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorHani Rubiani, -NIDN0530058101
Thesis advisorYovi Manova, -NIDN0417117606
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Elektro
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 06 Jun 2022 09:52
Last Modified: 15 May 2023 08:08
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/1026

Actions (login required)

View Item View Item