KONSELING KOGNITIF BERBASIS MINDFULNESS UNTUK MENINGKATKAN RESILIENSI AKADEMIK PADA REMAJA - (SKP.BK 0125)

Diza Rozika Barokah, - (2022) KONSELING KOGNITIF BERBASIS MINDFULNESS UNTUK MENINGKATKAN RESILIENSI AKADEMIK PADA REMAJA - (SKP.BK 0125). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (768kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (907kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (856kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (989kB)

Abstract

Beragam ketidakmampuan remaja dalam menghadapi tantangan dapat menimbulkan adanya kegagalan atau kinerja yang rendah dalam tugas-tugas kognitif maupun akademiknya. Tantangan yang dihadapi remaja terutama dalam melaksanakan pembelajaran di sekolah merupakan sebuah proses yang perlu dijalani untuk mencapai belajar yang optimal. Resiliensi akademik hadir untuk meningkatkan mekampuan remaja untuk beradaptasi dan berkembang dari adanya tekanan atau kesulitan yang dialami dalam proses belajar. Penilitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas konseling kognitif berbasis mindfulness dalam meningkatkan resiliensi akademik remaja yang rendah. Metode penelitian menggunakan erksperimen dengan desain subjek tunggal (single subject research) pola A-B-A. Data terendah dari resiliensi akademik siswa ini diberikan intervensi konseling kognitif berbasis mindfulness. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis visual dengan melihat langsung kecenderungan garis trend pada grafik dan analisis statistik menggunakan perhitungan PND (Percentage NonOverlapping Data) untuk menguji efektivitas intervensi yang diberikan. Hasil yang diperoleh menunjukan bahwa adanya peningkatan skor resiliensi akademik dilihat pada fase baseline (A1), fase intervensi (B) dan baseline (A2). Maka hasil yang diperoleh bahwa konseling kognitif berbasis mindfulness efektif dapat meningkatkan resiliensi akademik pada remaja.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorAam Imaduddin, -NIDN0418048404
Thesis advisorDewang Sulistiana, -NIDN0423098602
Uncontrolled Keywords: Resiliensi Akademik, Remaja, Konseling Kognitif berbasis Mindfulness, Penelitian subjek tunggal
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Bimbingan Konseling
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 05 Apr 2022 04:07
Last Modified: 19 May 2023 02:15
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/928

Actions (login required)

View Item View Item