PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN AKSARA BALAD PADA PEMBELAJARAN BAHASA SUNDA DI SDN SUKASENANG - (SKP.PGSD.0077)

Eki Hilman Rasyid, - (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN AKSARA BALAD PADA PEMBELAJARAN BAHASA SUNDA DI SDN SUKASENANG - (SKP.PGSD.0077). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (865kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (883kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (867kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan sebuah produk berupa media permainan aksara balad yang dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa sunda. Di SDN Sukasenang, pada pembelajaran Bahasa Sunda beberapa permasalahan berupa minimnya media permainan, minimnya kosakata siswa, siswa tidak mengerti makna kata yang ada didalam buku pembelajaran bahasa sunda, serta kurang memahami apa yang disampaikan guru. Maka dari itu, media permainan aksara balad dikembangkan untuk menjawab beberapa permasalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development yang dikemukakan oleh Borg and Gall. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sukasenang pada siswa SD kelas V dengan teknik analisis data statistik deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan teknik wawancara, penyebaran angket, dan tes, kepada ahli media, ahli materi, guru, praktisi pembelajaran dan peserta didik. Hasil validasi akhir ahli media yaitu sebesar 94% dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil validasi ahli materi yaitu sebesar 95% dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil validasi guru yaitu sebesar 100% dengan kategori “Sangat Layak”. Dan hasil validasi praktisi pembelajaran yaitu sebesar 93% dengan kategori “Sangat Layak”. Semestara itu, pada uji coba kelompok kecil mendapatkan skor rata-rata 43.125 atau 86.25% dengan kategori “Sangat Layak” dan pada uji coba kelompok besar mendapatkan skor rata-rata 42.25 atau 84.5% dengan kategori kelayakan “Sangat Layak”. Hal ini menunjukan bahwa media permainan aksara balad sangat layak dijadikan sebagai media permainan pada pembelajaran Bahasa Sunda. Berdasarkan hasil pretest dan posttest terjadi perubahan yang signifikan. Rata-rata hasil pretest yaitu 62, sedangkan rata-rata hasil posttest yaitu 96,5. Hal ini menunjukan bahwa rata-rata hasil posttest lebih besar daripada rata-rata hasil pretest. Dengan pengukuran keefektifan media menggunakan N-Gain, skor hasil rata-rata 0.8 atau 80% masuk kategori “Efektif” sebagai media permainan Bahasa Sunda di SDN Sukasenang.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorMohammad Fahmi Nugraha, -NIDN0017039001
Thesis advisorBudi Hendrawan, -NIDN0421068603
Uncontrolled Keywords: ahasa Sunda, Media Permainan, Kosakata, Aksara Balad.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 18 Feb 2022 07:18
Last Modified: 23 May 2023 08:37
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/821

Actions (login required)

View Item View Item